Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Pada Proses Loadout Topside Dan Jacket Structure Menggunakan Self-Propelled Modular Transporter (SPMT)

Anugrah, Fadilah Afif (2022) Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Pada Proses Loadout Topside Dan Jacket Structure Menggunakan Self-Propelled Modular Transporter (SPMT). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311840000106-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04311840000106-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2024.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Setiap pelaksanaan proyek dapat terjadi kecelakaan kerja yang mengakibatkan cedera maupun kerugian lainnya. Salah satu proyek yang berpotensi dapat terjadinya kecelakaan kerja yaitu pada proyek loadout jacket dan topside structure. Upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir atau menghilangkang potensi terjadinya risiko yaitu dengan membuat sebuah sistem manajemen risiko kecelakaan kerja. Oleh sebab itu pada tugas akhir ini penulis menganalisis risiko kecelakaan kerja pada proses loadout topside dan jacket structure menggunakan SPMT. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui variabel bahaya dominan pada proses loadout jacket dan topside structure menggunakan SPMT, mengetahui penyebab dan akibat dari variabel bahaya dominan, serta mengetahui faktor eskalasi yang dapat mempengaruhi efektivitas pada kontrol mitigasi dan preventif. Penelitian dimulai dengan identifikasi bahaya dan divalidasi dengan metode berdiskusi bersama stakeholder yang berpengalaman di bidang loadout. Kemudian dilakukan penyebaran kuesioner untuk mendapatkan nilai severity dan likelihood kepada 5 expert judgement. Hasil dari penyebaran kuesioner tersebut dilanjutkan dengan metode HIRA yang dibantu dengan matriks risiko untuk menentukan kategori dari tiap variabel bahaya. Sehingga hasil dari penelitian ini dapat diketahui variabel bahaya yang dominan yaitu pekerja terjatuh ke dalam mainholles dan SPMT berjalan di luar dari rencana. Selanjutnya kedua variabel bahaya tersebut di analisis menggunakan metode bow tie analysis untuk mengurangi potensi terjadinya bahaya yang dominan atau ekstrim.
=======================================================================================================================================
Every project implementation may result in work accidents resulting in injury or other losses. One of the projects that have the potential to cause work accidents is the loadout jacket and topside structure project. Efforts that can be made to minimize or eliminate potential risks are by creating a work accident risk management system. Therefore, in this final project the author analyzes the risk of work accidents in the process of loadout topside and jacket structure using SPMT. The purpose of this final project is to determine the dominant hazard variables in the loadout jacket and topside structure process using SPMT, to determine the causes and effects of the dominant hazard variables, and to determine the escalation factors that can affect the effectiveness of mitigation and preventive controls. The study began with the identification of hazards and was validated by discussing methods with experienced stakeholders in the loadout field. Then a questionnaire was distributed to get the severity and likelihood values to 5 expert judgments. The results of the distribution of the questionnaire were continued with the HIRA method assisted by a risk matrix to determine the category of each hazard variable. So that the results of this study can be seen that the dominant hazard variable is workers falling into mainholles and SPMT running outside of the plan. Furthermore, the two hazard variables were analyzed using the bow tie analysis method to reduce the potential for dominant or extreme hazards.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSKe 627.98 Anu a-1 2022
Uncontrolled Keywords: Risiko Kecelakaan Kerja, Loadout metode SPMT, Matriks Risiko, Metode HIRA, Bow tie Analysis, Risk of Work Accident, Loadout Using SPMT, Risk Matrix, Hira Method, Bow Tie Analysis
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 20 Oct 2023 04:39
Last Modified: 20 Oct 2023 04:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/104911

Actions (login required)

View Item View Item