Komputasi Perhitungan Stabilitas Kapal Petikemas Untuk Memenuhi Persyaratan IMO Pada Proses Penempatan Kontainer.

lrjik, Muhammad (2007) Komputasi Perhitungan Stabilitas Kapal Petikemas Untuk Memenuhi Persyaratan IMO Pada Proses Penempatan Kontainer. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4100100034-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
4100100034-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (23MB)

Abstract

Stabilitas yang buruk adalah salah satu penyebab terjadinya kecelakaan kapal di laut baik dalam keadaan tenang karena kesalahan dalam pemuatan. atau berlayar dalam keadaan cuaca yangjelek, adanya gelombang /aut yang cukup besar dan lain sebagainya. Kecelakaan kapal ini tentunya dapat dihindari pada waktu perencanaan kapal maupun pada waktu pemuatan barang di kapal dengan memperhatikan stabilitasnya. IMO pun memberikan batasan-batasan tentang stabilitas kapal, yang mana batasan-batasan ini dapat dipakai sehagai tolak ukur dari hatasan stabilitas kapal yang baik atau mampu terhadap keadaan cuaca di /aut sesuai dengan yang disyaratkan. Dalam Tugas Akhir ini kami membuat sebuah program perhitungan stabilitas kapal kontainer yang dapat diketahui dengan cepat stabilitas kapal dengan pengaturan pemuatan atau mengubah-ngubah pemuatan kontainer dan ballast di kapal.
=================================================================================================================================
Bad Stability is one of couse happening of sea accident in the calm sea in a state of peace because loading mistakes , or sail in a state of bad weather, existence of big sea wave and the others. This sea accident perharp can be avoided when ship planning and also when good loading ship by paying attention to the stability. IMO even give the boundaries about ships stability, which this boundaries is usable as yardstick from good ship stability definition or able to weather circumstance at sea of matching with required In this final project we make a program of calculation of containership stability which can be known swiftly ship stability with the loading arrangement or alter the loading of container and ballast.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSPe 623.812 Irj k-1 2007
Uncontrolled Keywords: Stabilitas, IMO, pengaturan pemuatan, ballast, Stability, IMO, Stacking, Ballast.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM156 Naval architecture
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Totok Setiawan
Date Deposited: 05 Oct 2023 02:11
Last Modified: 05 Oct 2023 02:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/104941

Actions (login required)

View Item View Item