Analisis Kesesuaian Lahan Untuk Perencanaan Kawasan Industri Pengolahan Ikan Menggunakan Metode Spatial Multi-Criteria Evaluation (SMCE) (Studi Kasus : Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur)

Rois, Choirul Mubarok Cucu (2023) Analisis Kesesuaian Lahan Untuk Perencanaan Kawasan Industri Pengolahan Ikan Menggunakan Metode Spatial Multi-Criteria Evaluation (SMCE) (Studi Kasus : Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03311640000039-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03311640000039-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Tulungagung adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di bagian selatan membuat potensi perikanan di Tulungagung sangat besar, namun hingga saat ini belum banyak industri besar dan pabrik yang bergerak di bidang perikanan yang berdiri di Kabupaten Tulungagung, akibat yang ditimbulkan dari masalah tersebut diantaranya adalah kurang tersedianya lapangan pekerjaan di Kabupaten Tulungagung, hal ini dapat terlihat dari banyaknya pekerja migran yang berasal dari Kabupaten Tulungagung yang menempati urutan ke 11 kota/kabupaten dengan pekerja migran terbanyak di Indonesia. Dengan adanya sumber daya ikan yang melimpah, industri pengolahan ikan menjadi industri yang sangat potensial untuk dibangun di Kabupaten Tulungagung. Dalam perencanaannya, membangun suatu kawasan industri harus memenuhi beberapa kriteria tertentu, sehingga memerlukan analisa kesesuaian lahan untuk membantu pengambilan keputusan ang tepat dalam memilih lokasi kawasan industri. Spatial Multi Criteria Evaluation adalah salah satu metode dalam proses pengambilan keputusan dalam perencanaan wilayah yang menggunakan model simulasi dengan beberapa aspek penilaian. SMCE berfungsi untuk membantu pengambil kebijakan dalam memilih yang terbaik dari beberapa alternatif hasil model simulasi yang tersedia berdasarkan skala prioritas. SMCE di software ILWIS akan muncul tampilan yang membantu dalam membuat criteria tree yang bisa dipilih. Dari penelitian ini, dihasilkan peta kesesuaian lahan yang menunjukkan bahwa sebanyak 37% dari wilayah di Kabupaten Tulungagung memiliki nilai kesesusaian tinggi untuk dibangun menjadi kawasan industri.
=================================================================================================================================
Tulungagung Regency is a district located in East Java Province. Directly bordering the Indian Ocean in the south makes Tulungagung fishery potential very large, but until now there have not been many large industries and factories engaged in fisheries that have been established in Tulungagung Regency, the consequences of this problem include the lack of available jobs in Tulungagung Regency, this can be seen from the number of migrant workers coming from Tulungagung Regency which ranks 11th in cities/regencies with the most migrant workers in Indonesia. With abundant fish resources, the fish processing industry is a very potential industry to be built in Tulungagung Regency. In planning, building an industrial area must meet certain criteria, thus requiring land suitability analysis to assist in making the right decision in choosing the location of an industrial area. Spatial Multi Criteria Evaluation is a method in the decision-making process in regional planning that uses a simulation model with several assessment aspects. SMCE serves to assist policy makers in choosing the best from several alternative simulation model results available based on priority scale. SMCE in the ILWIS software will appear a display that helps in making a criterion tree that can be selected. From this research, a land suitability map was produced showing that as much as 37% of the area in Tulungagung Regency has a high suitability value to be developed into an industrial area.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tulungagung Regency, Industrial Area, SMCE, ILWIS, SIG, Kabupaten Tulungagung, Kawasan Industri
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.212 ArcGIS. Geographic information systems.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Geomatics Engineering > 29202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Choirul Mubarok Cucu Rois
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:24
Last Modified: 21 Sep 2023 06:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/104952

Actions (login required)

View Item View Item