Studi Perencanaan Tata Letak Fasilitas Pelabuhan di Waworada-Bima

Hidayat, Agriananta Fahmi (2007) Studi Perencanaan Tata Letak Fasilitas Pelabuhan di Waworada-Bima. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4302100052-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
4302100052-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (12MB)

Abstract

Waworada merupakan daerah di Kabupaten Bima. Salah satu perkembangan Waworada di bidang maritim atau transportasi !aut direalisasikan dengan membangun pelabuhan secara tepat guna. Masalah tata letak pelabuhan menjadi poin pentingnya. Karena dalam jangka waktu ke depan diharapkan pelabuhan tersebut mampu meningkatkan tarefperekonomian daerah Waworada. Dari hasil analisa data, diproyeksikan bahwa aktivitas pelabuhan Waworada hingga tahun 2025 menghasilkan 34.349 ton untuk arus barang dengan jumlah total 23 buah kapal. Dalam studi ini dilakukan pemodelan diskrit layout pelabuhan Waworada dengan menggunakan software Arena 5.0 dalam bentuk simulasi.Layout pelabuhan dititik beratkan pada penentuan fasilitas pelabuhan yaitu penentuan jumlah dermaga dengan parameter adanya arus barang, waktu tunggu dan jumlah kapal. Simulasi pelabuhan dimodelkan ke dalam 2 skenario, yakni skenario jumlah dermaga dan skenario arus barang dimana arus barang diproyeksikan hingga 40% dari proyeksi awal . Hasil simulasi menunjukkan bahwa waktu tunggu kapal pada I dermaga adalah 4.66 jam dengan utilitas dermaga 21.8% dan untuk hasil simulasi dengan 2 dermaga waktu tunggu kapal 1.76% dan utilitas dermaga 11.4%. Hasil simulasi dengan proyeksi arus batang naik hingga 40% menunjukkan bahwa waktu tunggu dan utilitas dermaga tidak mengalami kenaikan yang signifikan, berarti bahwa hingga kenaikan 40% arus barang masih dibawah throughput maksimurn dermaga.
===================================================================================================================================
Waworada is a distric in Bima. One of maritim and sea transportation development in Waworada was realized by developing port. The layout of the port become the important point. Since the future, port can be able to improve the economical life of Waworada. The activity of Waworada port projected to 2025, shows 34.349 ton/years of traffic cargo carried by 23 ships. In this study, the forecasting of Waworada port activities are will be simulated using discrete model in Arena 5.0 Software. The Waworada port layout study is focused on port facilities determination, that is number of berth where traffic cargo, waiting time and number of ship as parameters. Simulation are modeled into two scenarios: i) number of berth and ii) traffic cargo scenarios projected to 40% from the initial estimation. The outputs from simulation shows that waiting time for 1 berth are 4.66 hours/year with berth occupancy ratio (BOR) are 21 .8% dan for 2 berth shows that waiting time are 2.44 hours/year and BOR are 11.4% . From the simulation we can get conclude that waiting time and BOR didn't increased significanly. It means that the 40% increased of traffic cargo is still under the maximum throughput of the berth.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSKe 627.3 Hid s-1 2007
Uncontrolled Keywords: Layout, Pemodelan Diskrit, Dermaga, Pelabuhan Waworada, Arena 5.0, Layout, Discrete Modeling, Berth, Waworada Port, Arena 5.0
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC357 Harbor Engineering. Piers, quays, and wharves
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Totok Setiawan
Date Deposited: 19 Oct 2023 00:58
Last Modified: 19 Oct 2023 01:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/104975

Actions (login required)

View Item View Item