Noverman, Noverman (2005) Analisa Pemilihan Alternatif Peningkatan Jalan Kuala Kapuas Menuju Lungkuh Layang Ditinjau Dari Aspek Teknis Dan Ekonomis. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
3103203712-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Download (39MB) |
Abstract
Saat ini ada 2 jalan alternatif yang dapat menghubungkan Kuala Kapuas menuju Lungkuh Layang yaitu , alternatif pertama jalan Kuala Kapuas- Palangka Raya - Lungkuh La yang sepanjang 269,74 km dan alternatif kedua jalan Kuala Kapuas - Mandomai - Mantangai - Lungkuh Layang sepanjang 188 km yang diharapkan dapat menunjang pengembangan wilayah, pemerintahan, ekonomi dan sosial.
Untuk mengetahui manfaat kedua jalan alternatif tersebut dilakukan pengkajian melalui aspek teknis dan ekonomis. Tinjauan terhadap aspek teknis adalah volume lalu lintas yang lewat, trase jalan yang akan ditingkatkan serta data
penunjang lainnya, sedangkan tinjauan dari aspek ekonomis meliputi biaya-biaya yang dikeluarkan seperti biaya perencanaan dan pengawasan, pembangunan serta pemeliharaan konstruksi. Manfaat yang akan diperoleh adalah penghematan biaya operasi kendaraan, penghematan nilai waktu kendaraan, penghematan harga sembako, penghematan selisih biaya angkut batu bara, retribusi pertambangan dan pertanian serta peningkatan Pajak Bumi dan Bangunan serta pengurangan manfaat
seperti berkurangnya jumlah angkutan sungai.
Berdasarkan perhitungan analisa ekonomi teknik, jalan Kuala Kapuas - Palangka Raya - Lungkuh Layang (alternatif 1) dengan investasi sebesar Rp. 424.642.742.000,- dan MARR sebesar 16% menghasilkan BCR sebesar 1,12, nilai NPV sebesar Rp.57.616.708.005,- dan IRR sebesar 21,61 %, sedangkan jalan
Kuala Kapuas - Mandomai - Mantangai - Lungkuh Layang (alternatif 2) dengan investasi sebesar Rp. 430.060.398.750,- menghasilkan BCR sebesar 1,33 dengan nilai NPV sebesar Rp. 152.687.035.430,- dan IRR sebesar 28,00% dan berdasarkan
analisa inkremental perbandingan antara jalan Kuala Kapuas - Palangka Raya - Lungkuh Layang (alternatif 1) dan jalan Kuala Kapuas- Mandomai- MantangaiLungkuh Layang (alternatif 2) adalah -7,33 < I maka jalan alternatif 2 merupakan
jalan yang terbaik dan juga didukung dengan perhitungan penghematan selisih biaya angkut batu bara pada jalan terpendek (alternatif2) diperoleh hasil NPV sebesar Rp.
15.274.814.904.263,40, BCR sebesar 33,58 dan IRR sebesar 51,53%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aspek teknis dan ekonomis, , analisa ekonomi teknik, dan batu bara, Technical and economical aspect, economical and technical analysis, and coal |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | - Davi Wah |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 02:01 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 02:01 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/105028 |
Actions (login required)
View Item |