Analisa Kelayakan Ekonomi Terhadap Rencana Peningkatan Jalan Pasirian-Tempursari Kabupaten Lumajang

Hariyanto, Yudho (2003) Analisa Kelayakan Ekonomi Terhadap Rencana Peningkatan Jalan Pasirian-Tempursari Kabupaten Lumajang. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3101207010-Master_Thesis.pdf] Text
3101207010-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (39MB)

Abstract

Kenyataan menunjukan bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di wilayah selatan Kabupaten Lumajang masih relatif lebih rendah dibandingkan dengan v.rilayah lainnya. Kendala utama yang dihadapi adalah kurangnya aksesbilitas berupa jaringan jalan yang menghubungkan antar wilayah yang menjadi pusat ekonomi. Salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan peningkatan terhadap Jalan Pasirian-(Tlepuk)-Tempursari. Maksud dan tujuan peningkatan jalan ini adalah untuk membuka daerah yang mempunyai potensi ekonomi yang belum dikembangkan, disamping jarak dan waktu tempuh yang relatif lebih pendek dibanding ruas jalan yang ada (Pasirian-Pronojiwo-Tempursari).
Metode analisa yang dipakai untuk memproyeksikan keadaan lalu lintas sebelum peningkatan jalan adalah dengan melakukan analisa regresi terhadap tingkat pertumbuhan kendaraan yang akan melewati ruas jalan rencana Pasirian-(Tlepuk)-Tempursari. Sedangkan proyeksi lalu lintas setelah peningkatan jalan diasumsikan terdapat arus lalu bntas yang beral:ili dari ruas jalan alternatif (Pasirian-Pronojiwo-Tempursari) secara porposional, yaitu didasarkan pada
persepsi pengguna jalan dalam memilih rute perjalanannya. Selanjutnya untuk menghitung tingkat manfaat ekonomi jalan yang secara garis besar dibedakan menjadi dua bagian. Pertama, perhitungan terhadap penghematan biaya operasi
kendaraan dengan menggunakan model persamaan yang dikembangkan PCI. Dan kedua, perhitungan terhadap penghematan nilai waktu penwnpang, yaitu dengan cara menetapkan nilai waktu minimum dan maksimum dari nilai perjalanan per
kendaraan yang disesuaikan dengan kenaikan ekonomi pertahun.
Dari rencana anggaran biaya untuk peningkatan jalan Pasirian�Tempursari sebesar Rp. 6.156.918.000, selanjutnya dilakukan penilaian kelayakan ekonomi dengan menggunakan parameter NPV, IRR dan BCR. Dengan tingkat diskonto sebesar 12 % penilaian kelayakan tersebut memberikan basil sebagai berikut : NPV proyek sebesar Rp. 14.901.681.977, IRR = -1 7,68% dan nilai BCR ,, 2.-177. Dari basil tersebut maka rencana proyek peningkatan jalan Pasirian- Tempursari dinyatakan layak.
========================================================================================================================================
Actual reahty shows that economic growth and development in northern Lumajang are still lower than those of other areas. This due to the lack of accessibility in term of road network quality connecting different centers of economic activities. One of Kabupaten Lumajang efforts facing that issue is
conducting road betterment between Pasirian- (Tlepuk) - Tempursari. The aim of this road betterment is to open the areas having real economic potential but which not been explored well. Besides, the distance and time spent are relatively shorter compared with the one already exist (road ofPasirian- Pronojiwo- Tempursari).
Analysis methods used to calculate the traffic condition after betterment is regression analysis to predict future traffic that \viii flow betv,reen internodes Pasirian - (Tlepuk) - T empursari. Whereas the traffic projection after the road construction might be assumed that there are proportional moving traffics from alternative internodes (Pasirian- Pronojiwo- Tempursari), based on perception
of the road user. Furthermore calculation of economical benefit of the road are generally divided in two parts. The first is calculation of vehicle operational cost reduction using PCI model. And, the second is calculation of reduction of passengers' time spent.
Base on cost estimation of the road Pasirian - Tempursari betterment of Rp. 6.156.918.000, economic feasibility was estimated using NPV, 1RR, and BCR parameters. With a discount rate of 12 %, economic feasibility calculation give the following figures : NPV equal to Rp. 11.957.917.356, lRR equal to 40,67% and BCR value is 2,17. According to those results the road betterment project Pasirian- Tempursari is feasible.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTS 625.7 Har a 2003
Uncontrolled Keywords: Road economy, Road betterment, Kabupaten Lumajang
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:32
Last Modified: 13 Nov 2023 06:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105100

Actions (login required)

View Item View Item