Optimalisasi Pendapatan Air Bersih di Kota Mataram (Studi Kasus di PDAM Menang Mataram)

Malada, Margaret Patricia Alexandra (2001) Optimalisasi Pendapatan Air Bersih di Kota Mataram (Studi Kasus di PDAM Menang Mataram). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3299204009-Master_Thesis.pdf] Text
3299204009-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (31MB)

Abstract

Air merupakan salah satu unsur paling penting bagi kehidupan manusia. Kebutuhan air dari waktu ke waktu mengalami peningkatan baik dalam penyediaan, kuantitas dan kualitasnya. Hal ini berkaitan dengan jumlah penduduk yang semakin meningkat setiap tahunnya sehingga permintaan akan air juga mengalami peningkatan. Disisi lain ketersediaan sumber air semakin terbatas, karena itu harus dikelola dengan baik.
PDAM Menang Mataram sebagai salah satu badan pengelola air bersih di Kota Mataram, berusaha untuk mengelola sumber air yang ada dan memberi pelayanan air bersih kepada masyarakat yang sesuai dengan persyaratan kesehatan.
Kendala yang dihadapi oleh PDAM Menang Mataram dimana tingkat
kebocoran air masih tinggi, dan cakupan pelayanan masih rendah, terlihat dari masih banyaknya masyarakat yang memanfaatkan sumber air lainnya sebagai pemenuhan kebutuhan hidupnya. Selain itu sebagai perusahaan yang melayani masyarakat, PDAM Menang Mataram tidak bebas menentukan tarif sesuai dengan pinsip bisnis, sehingga tarif yang diberlakukan saat ini terlampau kecil bila dibandingkan dengan biaya produksi yang dikeluarkan. Akibat dari kondisi sosial ekonomi masyarakat konsumen yang masih rendah, menyebabkan diperlakukannya struktur tarif oleh PDAM Menang Mataram.
Berdasarkan fenomena yang terjadi dapat dirumuskan suatu permasalahan yaitu bagaimana upaya PDAM Menang Mataram dalam meningkatkan pelayanannya sehingga diperoleh suatu keadaan yang optimal. Untuk menjawab pertanyaan ini dilakukan penelitian dengan metode survai, dengan pendekatan analisa kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar kecilnya jumlah pemakaian air dipengaruhi oleh harga air, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan dan jumlah anggota keluarga. Optimalisasi pendapatan air bersih dapat dicapai dengan penetapan strategi peningkatan pelayanan dan upaya penanggulangan kebocoran. Di samping itu, diperlukan dukungan pemerintah daerah melalui kebijakan dan peraturan�peraturan yang dapat menguatkan posisi PDAM Menang Mataram sebagai penyedia jasa pelayanan umum. Pemilihan segmen pasar yang potensial dan melakukan diversifikasi usaha dapat menjadi altematif perluasan usaha PDAM Menang Mataram di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RT 628.1 Mal o 2001
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD1698.A1 Water-supply, Rural--Asia.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23101-(S2) Master Theses
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 13 Nov 2023 07:47
Last Modified: 13 Nov 2023 07:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105102

Actions (login required)

View Item View Item