Analisis Teknis dan Ekonomis Fasilitas Bongkar Muat Pelabuhan Yos Soedarso Ambon Dalam Menunjang Kota Ambon Sebagai Pusat Transit Bisnis di Provinsi Maluku

Rettop, Dody Muhammad Harijadi (2005) Analisis Teknis dan Ekonomis Fasilitas Bongkar Muat Pelabuhan Yos Soedarso Ambon Dalam Menunjang Kota Ambon Sebagai Pusat Transit Bisnis di Provinsi Maluku. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4102202720-Master_Thesis.pdf] Text
4102202720-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (30MB)

Abstract

Salah satu infrastruktur bisnis yang memegang peran penting dalam percepatan pembangunan adalah Pelabuhan yang meningkat pertumbuhannya, ditandai dengan laju kenaikaan Petikemas pada Tahun 1999 sebanyak 5.846 TEU's dan naik menjadi 14.369
TEU's pada Tahun 2003, di mana hal ini perlu dibarengi dengan optimailisasi fasilitas bongkar muat pelabuhan. Untuk itu perlu dilakukan analisis teknis dan ekonomis fasilitas pelabuhan yang bertujuan untuk mengetahui dan merekomendasi kapasitas fasilitas yang optimal dalam menunjang kelancaran bongkar muat muatan di Pelabuhan Y os Soedarso Ambon serta besarnya biaya pengembangan pelabuhan dimaksud dengan menggunakan metode Goal Programming dan NPV, PBP serta IRR.
Dari hasil analisis diperoleh Berth Occupancy Ratio (BOR) kondisi sebesar 80,46 % sehingga perlu perpanjangan dermaga untuk mengatasi arus kunjungan kapal di waktu yang akan datang sepanjang 100 Meter dengan BOR Pengembangan = 68 %. Efsiensi lapangan penumpukan Petikemas CYOR = 104,23 % berarti telah terjadi kelebihan daya tampung sehingga diperlukan penambahan CFS dan CY, di mana CYOR dan CFSOR
menjadi 93.45 % dengan total Petikemas · sebanyak 542 TEU's dengan luas areal penambahan CFS dan CY = 6.371 M2 Fasilitas gudang beras terjadi kelebihan daya tampung untuk sebanyak 20 Ton = 400 Karung (@ 50 Kg) sehingga diperlukan penambahan I gudang dengan Volume 2.835 M3 serta kebutuhan Forklift dan mobil Trenton perlu ditambahkan guna mengatasi bongkar muat Petikemas pada Tahun 2016 sebanyak 40.320 TEU's. Hasil analisis ekonomis menunjukan bahwa investasi layak diter!ma karena NPV yang dihaJilkan positif bagi pengembangan pelabuhan yaitu Rp. 1.099.337.903,- dari nilai investasi sebesar Rp. 18.1 09.300.000.,- kurun waktu 13 tahun (2003- 2016), dengan Payback Period 7 Tahun II bulan dan IRR 22 %.
======================================================================================================================================
Once take hold significant in the acceleration of the development process is harbour, that keep increasing that sign with well known rate of growth of container in 1999 as may as 5.846 TEU's and raise be 14.369 TEU,s at 2003, where that is need balance with facility optimizing loading and unloading harbour.
Technique Analyst and economic facility of harbour are concentrated in this problem to know and recommendation facility of capacity that optimize to support acceleration that process at Y os Soedarso harbour in Ambon and cost to growing up the harbor means to use goal programming and NPV, PBP than IRR method.
From The result of Analyst, than (BOR) exiting 80.46% = 467 m, so prolongation of quay is needed to overcome problem about arrive of ship as long as 100m with BOR = 68 %. Efficiency container area CYOR = 104.23% it's mean have more capacity, where CYOR and CFSOR be 93.45% with totality of container be 542 TEU's and wide of area increment to CFS and CY = 6.371 m2. The Facility of rice store house be have
more capacity to 20 ton = 400 sack (@50kg) so it's needed increment one store house with have volume 2.835 M3 with necessity of and trailer it's necessity to added in order
to overcome the. problem about loading and unloading container in 2016 as many ·as -?.. .. - -~ .. 40.320. TI;U's. Jhe result of economy, the analyst point out that invest is suitable to accept it beca~se NPV is resulted positive for harbour developme~t Rp 1.099.337.903 from invest value Rp 18.109.300.000 for 13 years (2003- 2016)wlfl1 pay back 7 years period and it have IRR 20%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTPe 627.3 Ret a 2005
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC357 Harbor Engineering. Piers, quays, and wharves
V Naval Science > VK > VK235 Cargo handling.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38101-(S2) Master Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 13 Nov 2023 08:56
Last Modified: 13 Nov 2023 08:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105104

Actions (login required)

View Item View Item