Pembuatan Program Perhitungan Damage Stability menurut Solas dengan menggunakan Metode Lost Buoyancy

Sulistiawan, Arif (2008) Pembuatan Program Perhitungan Damage Stability menurut Solas dengan menggunakan Metode Lost Buoyancy. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4102100005-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
4102100005-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (20MB)

Abstract

stabilitas kapal pada saat kapal mengalami kebocoran, yaitu masuknya air ke dalam kompartemen atau beberapa kompartemen yang berdekatan. Perhitungan ini dibuat untuk menggantikan Perhitungan Floodable Length dan Intact Stability yang tidak cukup lagi menjamin keselamatan kapal jika terjadi kebocoran. Pada perkembangan terakhimya (1990-an), damage stability dihitung dengan menggunakan pendekatan Probabilistik yang lebih mendekati realitas kejadian sebenamya ketika kapal mengalami kebocoran dibandingkan metode terdahulu yaitu pendekatan Deterministik. Perhitungan ini resmi dipakai dan disyaratkan oleh IMO mulai 1 Februari 1992. Damage stability berbasis pendekatan probabilistik ini mempunyai proses perhitungan yang cukup panjang, sehingga program komputer adalah pilihan yang paling realistis untuk mengatasi masalah ini menjadi perhitungan yang praktis dan efisien. Dalam perhitungan kondisi kesetimbangan setelah kebocoran, metode yang dapat digunakan adalah Metode Lost Buoyancy. Metode ini mengansumsikan bahwa ketika mengalami kebocoran, maka besar buoyancy kapal akan berkurang. Hal ini terjadi karena ruang kosong dalam kapal akan terisi air sehingga dianggap tidak lagi menjadi bagian yang memberi kontribusi pada besamya buoyancy, sehingga kapal akan mengalami sinkage dan sarat kapal bertambah. Sesuai perhitungan probabilistik untuk kapal kargo dalam SOLAS Consolidated Edition 2004 Chapter 1/-1 Part B-1, tenlapat dua index yang dibandingkan, yaitu index R (Required subdivision index) yang tergantung pada panjang penyekatan kapal dan index A (Attained subdivision index). Nilai index A tergantung pada faktor Pi yang menunjukkan kemungkinan bahwa kompartemen atau beberapa kompartemen berhubungan mengalami kebocoran, serta faktor Si yang menunjukkan kemungkinan kapal akan selamat jika terjadi kebocoran. Dengan membandingkan nilai index A dan index R maka dapat diketahui apakah damage stability dan penyekatan kapal sudah memenuhi standar SOLAS.
============================================================================================================================
water entered a compartement or a group of compartements. This calculation replaces the Floodable Length and Intact Stability calculation which is considered not sufficient to guarantee ship's safety when flooding happens. In the latest development, damage stability was calculated using Probabilistic approach which is closer to the reality than the ealier, Deterministic approach. This method was adopted by IMO since February lst, 1992. In the calculation of damage stability based on probabilistic approach is very tedious, so using a computer program was the only practicable choice. The equilibrium condition after flooding can be calculated by using Lost Buoyancy Method. This method is that the buoyancy of the ship will decrease. The flooding compartement together with internal water is treated as not belonging to the ship, as a result don't have contribution to buoyancy of the ship anymore. In SOLAS there are two values of index that must be compared, index A (Attained subdivision index) and index R (Required subdivision index). Value of index R depends on subdivision length of the ship. Value of index A depends on factor Pi and factor Sj. Factor Pi represent to probability that only compartement or group of compartements under consideration may be flooded, factor Si represent to probability of survival after flooding which shown by residual stability curve. Value of index A will be compared with value of index R to know that ship complies with SOLAS requirement or not.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSPe 623.812 Sul p-1 2008
Uncontrolled Keywords: damage stability, subdivision, kebocoran, metode lost buoyancy, damage stability, subdivision, flooding, lost buoyancy method
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM761 Stability of ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Totok Setiawan
Date Deposited: 20 Nov 2023 08:23
Last Modified: 20 Nov 2023 08:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105167

Actions (login required)

View Item View Item