Peran Perceived Reliability Dan e-Health Literacy Terhadap Niat Menggunakan Aplikasi Telekonsultasi Siapdok: Pengembangan Model Utaut 2

Azzahra, Nabila (2022) Peran Perceived Reliability Dan e-Health Literacy Terhadap Niat Menggunakan Aplikasi Telekonsultasi Siapdok: Pengembangan Model Utaut 2. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09111840000114-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
09111840000114-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2024.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat peluang dan tantangan baru di dunia Kesehatan. Hal ini dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis dalam memberikan layanan kesehatan untuk mengembangkan usahanya. Salah satunya adalah SiapDOK, aplikasi kesehatan yang memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara digital. Terlepas dari potensi manfaat SiapDOK, penerapannya tetap menjadi tantangan besar karena peminat dari aplikasi ini masih dikalangan terbatas ditambah dengan tingginya persaingan pada industri aplikasi kesehatan dan rendahnya literasi kesehatan digital di masyarakat, perlu diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat dalam menggunakan aplikasi SiapDOK dengan pendekatan UTAUT2 sehingga dapat dijadikan gambaran dalam meningkatkan sistem internal serta strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini dilakukan dengan survey online dan didapatkan 131 responden. Untuk menguji hipotesis menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan perceived reliability memiliki pengaruh dalam mendorong niat individu untuk menggunakan Aplikasi SiapDOK. Sedangkan facilitating condition dan price value tidak memiliki pengaruh dalam mendorong niat menggunakan dan seluruh hipotesis moderasi e-health literacy ditolak. Terdapat implikasi manajerial yang dapat dilakukan SiapDOK seperti mengembangkan website dan aplikasi, mengoptimalkan penggunaan social media marketing dan advertising, memanfaatkan peran key opinion leader dan meningkatkan layanan pelanggan dengan layanan live-chat 24 jam.
======================================================================================================================================
The Covid-19 pandemic creates new opportunities and challenges in the world of Health. This is used by business in providing health services to develop their business. One of them is SiapDOK, a health application that facilitates the public to obtain health services digitally. Apart from the potential benefits of SiapDOK, its implementation remains a big challenge because the demand for this application is still limited, coupled with the high competition in the health application industry and the low level of e-health literacy in the community, it is necessary to know the factors that influence the intention to use the SiapDOK application with the UTAUT2 approach. so that it can be used as an illustration in improving internal systems and appropriate marketing strategies. This research was conducted using an online survey and obtained 131 respondents. To test the hypothesis using PLS-SEM. The results of this study indicate that performance expectancy, effort expectancy, social influence, and perceived reliability have an influence in encouraging people's intentions to use the SiapDOK application. Meanwhile facilitating conditions and price value have no influence in encouraging intention to use. All e-health literacy moderating hypotheses are rejected. There are managerial implication that can be used for SiapDOK such as develop websites and application, optimizing the use of social media marketing and advertising, utilize the role of key opinion leader and improve customer service with 24-hour live-chat service.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSMB 005.1 Azz p-1 2022
Uncontrolled Keywords: Niat menggunakan, PLS-SEM, Telekonsultasi, UTAUT 2.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.758 Software engineering
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:51
Last Modified: 29 Nov 2023 06:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105230

Actions (login required)

View Item View Item