Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Web Untuk Mendorong Pertumbuhan Perekonomian UMKM

Liana, Wahyu (2023) Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Web Untuk Mendorong Pertumbuhan Perekonomian UMKM. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.

[thumbnail of 6032221194-Master_Thesis.pdf] Text
6032221194-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 July 2025.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Sebagian besar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) daerah mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya karena belum adanya sarana pendukung peningkatan penjualan menggunakan teknologi yang mampu mendorong branding pada UMKM daerah, sehingga keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) daerah masih belum banyak dikenal oleh masyarakat yang membuat tingkat penjualan belum ada potensi meningkat dan pemasaran yang terjebak dalam perang harga karena persaingan yang ketat dalam marketplace. Berbeda jika pemasaran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) daerah yang melalui web ecommerce, tidak akan ada persaingan yang terjadi dalam satu platform dan jika pemasarannya dilakukan dengan baik, maka bisa jauh melebihi marketplace. Berdasarkan masalah yang dihadapi, maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara merancang dan mengimplementasi sistem informasi penjualan berbasis web. Metode yang digunakan adalah Systems Development Life Cycle (SDLC) model waterfall yang terdiri dari analisa kebutuhan, desain, pembuatan kode program, pengujian, penerapan dan pemeliharaan. Alasan menggunakan metode waterfall dikarenakan dari segi resource dan biaya yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan menjadi lebih sedikit. Pasalnya, pada metode waterfall klien tidak dapat mencampuri urusan dari tim pengembang aplikasi. Berbeda dengan metode agile, yaitu klien dapat memberikan masukan kepada tim developer terkait perubahan atau penambahan fitur yang menyebabkan perusahaan mengeluarkan biaya yang lebih besar daripada waterfall. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya sistem informasi penjualan berbasis web yaitu web ecommerce dapat membuat pemasaran menjadi lebih terarah tanpa harus bersaing dengan kompetitor dalam satu platform dan diharapkan dapat meningkatkan brand awareness jika dengan pemanfaatan Search Engine Optimization (SEO) yang tepat
====================================================================================================================================
Most regional Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) experience difficulties in marketing their products because there are no supporting facilities to increase sales using technology that is able to encourage branding in regional MSMEs, so that the existence of regional Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) is still not widely known by the people who create them. There is no potential for sales levels to increase and marketing is trapped in a price war due to intense competition in the marketplace. It is different if the marketing of regional Micro, Small and Medium Enterprises (MSME) products is via the e-commerce website, there will be no competition on one platform and if the marketing is done well, it can far exceed the marketplace. Based on the problems faced, research was conducted which aimed to find out how to design and implement a web-based sales information system. The method used is the Systems Development Life Cycle (SDLC) waterfall model which consists of requirements analysis, design, program code creation, testing, implementation and maintenance. The reason for using the waterfall method is because in terms of resources and costs incurred by a company it is less. The reason is, in the waterfall method the client cannot interfere in the affairs of the application development team. In contrast to the agile method, the client can provide input to the development team regarding changes or additions to features that cause the company to incur greater costs than waterfall. The results obtained from this research are that the existence of a web-based sales information system, namely web e-commerce, can make marketing more focused without having to compete with competitors on one platform and is expected to increase brand awareness if the use of Search Engine Optimization (SEO) is appropriate

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Pemasaran, Penjualan Digital, Web Penjualan, Model Waterfall Marketing Information Systems, Digital Sales, Web Sales, Waterfall Model
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Wahyu Liana
Date Deposited: 15 Dec 2023 08:53
Last Modified: 15 Dec 2023 08:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105290

Actions (login required)

View Item View Item