Penerapan Metode Filter Kalman Dalam Perbaikan Hasil Prediksi Cuaca Dengan Metode ARIMA

Kurniawan, Tomy (2014) Penerapan Metode Filter Kalman Dalam Perbaikan Hasil Prediksi Cuaca Dengan Metode ARIMA. Other thesis, Insititut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1210100030_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
1210100030_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Time Series merupakan salah satu metode analisis data. Salah satu metodenya adalah ARIMA Box-jenkins yang nantinya digunakan untuk meramalkan data selanjutnya. Penelitian ini didasarkan pada pengamatan dan sesuai hasil model peramalan Analisis time series dari dua parameter meteorologi yaitu suhu udara dan kecepatan angin. Estimasi koefisien pada persamaan model akan dilakukan dengan menggunakan algoritma Filter Kalman. Setelah adanya penggunaan algorutma Filter Kalman akan dilakukan suatu pendekatan yang didasarkan pada koreksi linear dari bias prakiraan dalam penggunaan Filter Kalman. Selanjutnya akan lebih difokuskan pada studi parameter meteorologi satu waktu dimana diberikan mi direct output dari model pada waktu ti yang mengacu pada salah satu parameter (suhu udara atau kecepatan angin) serta yi0 sebagai bias dari prakiraan. Estimasi ini memungkinkan dalam bentuk linier pada polinomial dengan n = 2. Simulasi ini menggunakan software minitab16, matlab R2010a, dan microsoft excel. Hasil simulasi berupa grafik hasil estimasi state dalam real, ARIMA dengan minitab, dan Filter Kalman.
===============================================================================================================================
Time Series is a method for data’s analisis. One of them is ARIMA Box-Jenkins which use for predict the next data. This research is based on observation and according to forecast model’s time series of two meteorologi’s parameters which are temperature air and wind speed. Estimation of coefficient in model’s equation by use it Kalman Filter’s algorithm. After use Kalman Filter’s algorithm will do an aproximation based on linear’s correction from bias prediction in using Kalman Filter. After that, will be foccus on study only one meteorologi’s parameter who let mi as direct output from model in time ti which according to one of parameter (temperature air or wind speed) with yi0 as bias of prediction. This estimation only can do in linear’s form by a polinomial with n = 2. In this simulation use software minitab16, matlab R2010a, and Microsoft Excel. The result of simulation is graphic of estimation state’s result in real, ARIMA by minitab, and Kalman Filter.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSMa 519.2 Kur p-2014
Uncontrolled Keywords: ARIMA Box-Jenkins, Filter Kalman, Kalman Filter
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA402.3 Kalman filtering.
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:58
Last Modified: 28 Dec 2023 02:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105318

Actions (login required)

View Item View Item