Servqual Dan Service Trust Sebagai Variabel Moderasi Dalam Analisis Kepuasan Penggunaan Ciputra Education Digital Experience : Pendekatan TAM2

Salim, Ika Raharja (2023) Servqual Dan Service Trust Sebagai Variabel Moderasi Dalam Analisis Kepuasan Penggunaan Ciputra Education Digital Experience : Pendekatan TAM2. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032221041-Master_Thesis.pdf] Text
6032221041-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi 5.0 serta terjadinya covid-19, menjadikan penerapan teknologi menjadi hal yang sangat penting, termasuk pendidikan, khususnya dalam manajemen data perguruan tinggi. Sistem informasi berperan mempermudah proses administrasi dosen dalam pelaporan kinerja yang kemudian meningkatkan kinerja perguruan tinggi. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ciputra Surabaya mengembangkan dan mengimplementasikan sistem informasi Ciputra Education Digital Experience atau CEdX, namun belum pernah dilakukan evaluasi sebelumnya. Teori yang akan digunakan untuk mengevaluasi CEdX LPPM adalah Technology Acceptance Model 2 (TAM2), dengan dimoderasi variabel Service Quality atau Servqual dan Service Trust. Metode penelitian kuantitatif digunakan, pengumpulan data menggunakan kuisioner dan proses pengolahan data akan menggunakan SMARTPLS 4. Berdasarkan 228 data yang terkumpul, seluruh variabel memenuhi validitas, dengan outer loading > 0.6 dan memenuhi reliabilitas kontruk, dengan cronbach’s alpha >0.7. Pengujian hipotesis secara garis bersar didapatkan 7 hipotesis diterima dan 9 hipotesis ditolak. Variabel subjective norm dalam penelitian ini menunjukkan tidak mempengaruhi dimana hal ini dapat terjadi dikarenakan konteks SN adalah atasan. Selain itu output quality dan result of demonstrability juga tidak mempengaruhi. Service trust juga terbukti tidak memberikan pengaruh signifikan. Sementara itu untuk variabel yang mempengaruhi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemudahan dan kebergunaan CEdX dalam meningkatkan intensi dalam menggunakan CEdX, hal ini tergambar dari pvalue PEU dan PU < 0.05. Selain itu, kualitas layanan LPPM juga memperkuat dan meningkatkan intensi dosen dalam menggunakan CEdX.
=================================================================================================================================
The development of Technology 5.0 and the occurrence of COVID-19 have made the implementation of technology a crucial aspect, especially in education, particularly in the data management of higher education institutions. Information systems play a role in facilitating the administrative processes of faculty in performance reporting, thereby enhancing the performance of higher education institutions. The Research and Community Service Institute of Ciputra University Surabaya has developed and implemented the Ciputra Education Digital Experience (CEdX) information system, but no evaluation has been conducted before. The theory used to evaluate CEdX by the Research and Community Service Institute is the Technology Acceptance Model 2 (TAM2), with the moderating variables of Service Quality (Servqual) and Service Trust. A quantitative research method is employed, with data collection using a questionnaire, and data processing using SMARTPLS 4. Based on 228 collected data, all variables meet validity criteria, with outer loading > 0.6 and fulfilling construct reliability, with Cronbach's alpha > 0.7. In the overall hypothesis testing, 7 hypotheses are accepted, and 9 hypotheses are rejected. The subjective norm variable in this study indicates no influence, possibly due to the SN context being supervisors. Furthermore, output quality and result of demonstrability also have no effect. Service trust is proven not to have a significant influence. Meanwhile, variables that do have an impact show that the ease of use and usefulness of CEdX affect the intention to use CEdX, as evidenced by the p-value of PEU and PU < 0.05. In addition, the quality of the Research and Community Service Institute's services also reinforces and increases faculty members' intention to use CEdX.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: CEdX, TAM2, Service Quality, Service Trust
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.2 Knowledge management.
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Ika Raharja Salim
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:29
Last Modified: 02 Jan 2024 02:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105338

Actions (login required)

View Item View Item