Peramalan Volume Air Yang Didistribusikan Di PDAM Kabupaten Tulungagung Menggunakan Metode ARIMA Box-Jenkins

Pratiwi, Kiky Yuzie Handi Hasnan (2014) Peramalan Volume Air Yang Didistribusikan Di PDAM Kabupaten Tulungagung Menggunakan Metode ARIMA Box-Jenkins. Diploma thesis, Insititut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1311030046_Non_Degree.pdf] Text
1311030046_Non_Degree.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seluruh makhluk hidup di bumi pasti membutuhkan air, oleh sebab itu air merupakan sumber kehidupan. Semua aktivitas kehidupan di bumi ini hampir seluruhnya berkaitan dengan air. Oleh sebab itu, jika jumlah penduduk semakin bertambah dan akan bertambah pula aktivitas kehidupanya, maka kebutuhan akan air juga akan bertambah pula.Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur dengan jumlah penduduk pada tahun 2011 sebanyak 1.043.385 jiwa. Dari tahun ke tahun, jumlah penduduk Kabupaten Tulungagung mengalami peningkatan, hal tersebut menyebabkan kebutuhan air semakin meningkat, sehingga dibutuhkan perencanaan pendistribusian air bersih secara tepat. Pemenuhan kebutuhan air bersih di Kabupaten Tulungagung diatasi dengan didirikannya PDAM. Selama ini PDAM Kabupaten Tulungagung meramalkan kebutuhan air bersih dengan melibatkan variabel jumlah penduduk. Pada penelitian ini akan dilakukan peramalan volume air yang didistribusikan untuk beberapa periode ke depan dengan menggunakan metode ARIMA Box-Jenkins. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa model ARIMA yang baik untuk meramalkan adalah ARIMA (1,0,2).
=============================================================================================================================
All life on earth definitely need water , therefore water is the source of life . The need for water increases with increasing the number of population. Tulungagung is one of the districts in East Java with a population of 1,043,385 in 2011 and this number increases overtime leading to increasing the water demand. Therefore, the planning for water resources has to be managed seriously. One of the work can be done is forecasting the volume of the water distribution. In fact, the number of population is always considered in forecasting the water demand in PDAM Kabupaten Tulungagung. This research conducted forecasting the volume of distributed water for several periods ahead using the ARIMA Box- Jenkins method. The results of the analysis indicate that the ARIMA model which is better to predict is ARIMA ( 1,0,2 ).

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSSt 519.55 Pra p-1,2014
Uncontrolled Keywords: ARIMA Box-Jenkins, PDAM Kabupaten Tulungagung, Volume Air, Volume of water
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA30.3 Time-series analysis
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:21
Last Modified: 04 Jan 2024 07:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105367

Actions (login required)

View Item View Item