Monitoring Uji Stabilitas Jenis Tablet Antibiotik Pada Masa Kadaluarsa Menggunakan Diagram Kontrol Multivariat (Studi Kasus : PT. X)

Sukmanita, Rindang (2014) Monitoring Uji Stabilitas Jenis Tablet Antibiotik Pada Masa Kadaluarsa Menggunakan Diagram Kontrol Multivariat (Studi Kasus : PT. X). Other thesis, Insititut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1311106004_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
1311106004_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (793kB)

Abstract

Obat merupakan produk utama dari industri farmasi yang memiliki waktu kadaluarsa. Disisi lain, industri farmasi terus berkembang. Kualitas produk salah satunya obat merupakan faktor utama yang tidak bisa ditawar lagi oleh perusahaan. PT “X” adalah perusahaan pelopor antibiotik terkemuka dengan standart kualitas tertinggi di indonesia. Dalam menentukan masa kadaluarsa obat ada beberapa aspek yang harus dilakukan, salah satunya adalah uji stabilitas. Uji stabilitas yang dilakukan PT ”X” hanya berdasarkan visual, uji kualitas fisika, kimia dan mikrobiologinya saja tanpa mengolah hasil pengujiannya secara statistika. Pada penelitian ini akan dilakukan uji stabilitas jenis tablet antibiotik pada masa kadaluarsa dengan menggunakan penerapan secara ilmu statistik yaitu menggunakan diagram kontrol multivariat. Diagram kontrol yang digunakan adalah diagram kontrol T2 Hotelling, Generalized Variance (GV), Multivariate Exponential Weighted Moving Average (MEWMA) dan Multivariate Exponential Weighted Moving Variance (MEW V). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang didapatkan dari PT. “X” yang merupakan data uji stabilitas masa kadaluarsa obat antibiotik berjenis tablet berdasarkan kondisi jangka panjang (real time). Hasil analisis menunjukkan bahwa pada diagram kontrol T2 Hotelling dan diagram kontrol GV untuk variabel uji stabilitas masa kadaluarsa jenis tablet antibiotik dalam keadaan terkontrol. Untuk hasil pengujian pada diagram kontrol MEWMA yang paling sensitif dalam mengontrol stabilitas masa kadaluarsa obat jenis tablet dengan pembobot (

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSt 519.535 Suk m-1, 2014
Uncontrolled Keywords: Uji Stabilitas, Hotelling T2 , Generalized Variance, MEWMA, MEWMV, Stability test, Hotelling T2
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278 Cluster Analysis. Multivariate analysis. Correspondence analysis (Statistics)
Divisions: Faculty of Mathematics, Computation, and Data Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:16
Last Modified: 08 Jan 2024 02:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105389

Actions (login required)

View Item View Item