Maksimasi Laju Pengerjaan Material dengan Kekasaran Permukaan Sebagai Konstrain pada Proses Perautan Mesin Edm Sinking

Purwanto, Bagus Tris (2009) Maksimasi Laju Pengerjaan Material dengan Kekasaran Permukaan Sebagai Konstrain pada Proses Perautan Mesin Edm Sinking. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2102100088-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2102100088-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (13MB)

Abstract

Nilai kekasaran permukaan yang rendah dan laju pengerjaan material yang tinggi merupakan kinerja yang ingin dicapai pada proses pengerjaan benda kerja dengan menggunakan EDM Sinking. Dengan laju pengerjaan material yang selambat mungkin, akan didapatkan kekasaran permukaan yang baik. Tetapi proses yang berjalan lambat akan berpengaruh terhodap waktu penyelesaian produk, dan juga akan meningkatkan biaya produksi yang harus dikeluarkan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan setting parameter proses yang menghasilkan laju pengerjaan material (MRR) yang maksimal dan kekasaran permukaan benda kerja yang minimal. Suatu percobaan dengan rancangan Box-Behnken akan dilakukan untuk mengetahui hubungan antara respon laju pengerjaan material (MRR) dan kekasaran permukaan dengan variabel proses Pulse Current, On Time, Off Time, dan GapWidth. Optimasi untuk mendapatkan setting variabel proses yang akan memberikan laju pengerjaan material (MRR) yang maksimal dan kekasaran permukaan yang minimal, dilakukan dengan metode response surface dan non-linear programming. Sebagai respon primer adalah laju pengerjaan material (MRR} dan sebagai respon sekunder adalah kekasaran permukaan. Dari penelitian ini diketahui bahwa model hubungan antara parameter proses perautan terhadap laju pengerjaan dan kekasaran permukaan benda kerja berbentuk polynomial orde kedua. Nilai laju pengerjaan maksimal yang diperoleh adalah sebesar 32.80 mm /menit dengan kekasaran permukaan sebesar 4.94 pm. Nilai tersebut diperoleh pada pengaturan parameter Pulse Current 7 [21 .A.], Gap-Width 27, On Time 12 [1040 ps], dan Off Time 8 [720 ps]. Kata kunci: Malcsimasi, EDM Sinking, response surface, BoxBehnken, non-linear programming.
===================================================================================================================================
Several desired performances of EDM Sinking process are high material removal rate (MRR) and low surface roughness. The problem is how to set up the process variables in order to maximize material removal rate (MRR) with surface roughness as constrain. To maximize the process, the relationship between the above mentioned EDM Sinking performances and process variables Pulse Current, Gap-Width, On Time and Off Time were determined using response surface and linear programming method The models obtained from an experiment that conducted using Box-Behnken Design. From this research, the second order polynomial empirical models of material removal rate and workpiece surface roughness obtained. The Maximizing was resulted the highest material removal rate (MRR) of 32.80 mmJ/min and the lowest workpiece surface roughness of 4.94 pm. These two values were obtained using level of Pulse Current of 7 [21 A}, Gap-Width of 27, On Time of 12 [1040 ps] and OffTime of8 [720 ps).

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSM 621.902 Pur m 2009
Uncontrolled Keywords: Maksimasi, EDM Sinking, response surface, BoxBehnken, non-linear programming
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Totok Setiawan
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:55
Last Modified: 12 Jan 2024 08:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105450

Actions (login required)

View Item View Item