Supryadi, Didi and Kurnain, Syamsul (2011) Perencanaan Peningkatan Jalan Tuban-Bulu Km 121 +200 - Km 124+200 Jawa Timur Dengan Perkerasan Lentur. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Text
3108038710_3108038730-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (22MB) |
Abstract
Jalan merupakan transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah atau di bawah permukaan tanah. Saat ini jalan merupakan sarana transportasi yang penting bagi kehidupan baik dari segi ekonomi, sosial, pertahanan keamanan dan lain sebagainya. Bagi negara yang sedang berkembang seperti Indonesia, sarana transportasi jalan tentunya sanggat berpengaruh bagi perkembangan tersebut. Pemerintah, baik pusat dan daerah sanggat memperhatikan hal tersebut. Jalan yang tidak dapat memenuhi kapasitas arus lalu-lintas dan jalan yang telah rusak akan segera diperbaiki guna menghindari terjadinya kerusakan yang lebih parah sehingga kerugian akan semakin besar. Perencanaan peningkatan jalan ini meliputi perhitugan struktur perkerasan jalan dengan menggunakan metode analisa komponen 1987, analisa kapasitas jalan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, perencanaan tebal lapis tambahan (overlay) dengan Manual Pemeriksaan Perkerasan Jalan dengan Data Benkelmen Beam, perencanaan drainase dengan menggunakan metode SNI 03-3424-1994, kontrol geometri jalan raya dengan menggunakan Buku Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan (Silvia Sukirman), dan untuk perhitungan Rencana Anggaran Biaya menggunakan standar satuan harga dasar dan analisa harga satuan kota setempat. Dari hasil analisa perencanaan, lebar jalur menjadi 10
meter (2 arah) tanpa median, dengan bahu jalan direncanakan 2meter. Sedangkan kecepatan rencana Vr = 60 km/jm. Kontrol pada Alinyemen Vertikal termasuk datar. Untuk perencanaan tebal perkerasan didapat survace course/lapis penutup (AC Laston) = 10 cm, base course/pondasi atas ( batu pecah CBR 90%) = 20 cm dan sub base course/pondasi bawah (sirtu CBR) = 33 cm, sedangkan untuk overlay didapat survace course/ lapis penutup (AC Laston ) = 3 cm. Untuk saluran Drainase menggunakan beton cetak U Gater pada STA 0+000 - 0+050 dengan kedalaman maximum 1,74 m dan lebar maximum 1,91 m. Sedangkan untuk Rencana Anggaran Biaya Rp 20.552.191.842,00. Terbilang, Dua puluh milyar lima ratus lima puluh dua juta seratus sembilan puluh satu ribu delapan ratus empat puluh dua rupiah
===================================================================================================================================
Roads are land transportation which includes all parts of the road, including complementary buildings and equipment intended for traffic, which are at ground level, above ground level or below ground level. Currently, roads are an important means of transportation for life both from an economic, social, defense and security perspective and so on. For a developing country like Indonesia, road transportation certainly has a big influence on this development. The government, both central and regional, is very concerned about this. Roads that cannot meet traffic flow capacity and roads that have been damaged will be immediately repaired to avoid further damage so that losses will be even greater. This road improvement planning includes calculating the structure of the road pavement using the 1987 component analysis method, road capacity analysis using the 1997 Indonesian Road Capacity Manual (MKJI), planning the thickness of the additional layer (overlay) using the Road Pavement Inspection Manual using Beam Benchmark Data, drainage planning using SNI 03-3424-1994 method, highway geometry control using the Basics of Road Geometric Planning Book (Silvia Sukirman), and for calculating the Cost Budget Plan using basic unit price standards and local city unit price analysis. From the results of the planning analysis, the lane width will be 10
meters (2 directions) without median, with road shoulders planned to be 2 meters. Meanwhile, the design speed Vr = 60 km/h. Controls on Vertical Alignment include flat. For pavement thickness planning, the surface course/cover layer (AC Laston) = 10 cm, base course/top foundation (90% CBR crushed stone) = 20 cm and sub base course/bottom foundation (CBR sirtu) = 33 cm, whereas for overlay obtained safety course/cover layer (AC Laston) = 3 cm. For the drainage channel, U Gater cast concrete is used at STA 0+000 - 0+050 with a maximum depth of 1.74 m and a maximum width of 1.91 m. Meanwhile, the budget plan costs IDR 20,552,191,842.00. It says, Twenty billion five hundred fifty-two million one hundred ninety-one thousand eight hundred and forty-two rupiah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | RSS 625.7 Sup p/I-1 2011 |
Uncontrolled Keywords: | Perkerasan Lentur; Flexible Pavement |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3 |
Depositing User: | EKO BUDI RAHARJO |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 06:52 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 06:52 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/105452 |
Actions (login required)
View Item |