Model Pengangkutan Crude Palm Oil (CPO) Untuk Domestik

Aryawan, Wahyu (2010) Model Pengangkutan Crude Palm Oil (CPO) Untuk Domestik. Other thesis, Insititut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4105100013-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
4105100013-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (40MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil CPO (Crude Palm Oil) terbesar di dunia. Prospek pasar CPO (Crude Palm Oil) di masa mendatang terlihat sangat cerah baik untuk domestik maupun untuk ekspor. Saat ini, industri kelapa sawit menjadi penyurnbang devisa terbesar kedua setelah sektor minyak dan gas, yang juga telah membuka empat juta tenaga kerja. Situasi krisis global saat ini ikut berdampak bagi industri CPO (Crude Palm Oil) dalam negeri. Produksi kelapa sawit Indonesia pada 2009 diperkirakan mencapai 20 juta ton. Dari jurnlah tersebut, sekira 4,5-5 juta ton di antaranya merupakan konsumsi dalam negeri, sedangkan untuk di ekspor sebesar 15- I 5,5 juta ton.Oleh karena itu maka bagaimana agar konsumsi CPO (Crude Palm Oil) dalam negeri dapat digunakan dengan Optimal. Dalam penelitian ini, dilakukan perhitungan supply/produksi CPO (Crude Palm Oil) dan demandlkonsurnsi CPO (Crude Palm Oil). Dan dengan menggunakan metode pinalti, didapatkan jaringan distribusi CPO (Crude Palm Oil) yang optimal. Untuk pend istribusian CPO (Crude Palm Oil) antar propinsi tersebut, terdapat beberapa alternatif penggunaan tipe operasional kapal yaitu sewa kapal (charter) dan liner Tanker serta kapal (charter) dan liner Tongkang dengan menggunakan kapal tanker dan kapal tongkang. Alternatif termurah didapatkan menggunakan analisa biaya dan optimasi metode simplex untuk alternatif sewa kapal. Desain model optimasi distribusi untuk memenuhi permintaan pada tiap Industri minyak goreng berdasarkan produksi crude palm oil (cpo) dari daerah asal ialah dengan menggunakan kapal tanker atau kapal tongkang menuju pelabuhan tujuan yaitu Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Tanjung Emas dan Pelabuhan Tanjung Perak serta menggunakan truk tangki sebagai moda angkutan darat dari pelabuhan tujuan menuju pabrik minyak goreng. Dari hasil analisa maka disarankan armada untuk pengangkutan CPO (Crude Palm Oil) sebaiknya dengan jenis kapal Tanker. Akan tetapi jika mengacu pada biaya yang dikeluarkan maka sebaiknya menggunakan kapal tongkang mengingat biay a yang lebih rendah. Hal ini juga terkait dengan jumlah pasokan CPO (Crude Palm Oil) yang akan dikirim dalam 1 tahun.
=============================================================================================================================
Indonesia is one of country that produce CPO (Crude Palm Oil) in the world. Future market for CPO have a well benefit for domestic or export. The industrialist must use this chance to prepare the armada wel enough. In this moment palm industries are one of Indonesia second biggest devizen contributor after oil and gas, and this industries produce 4 million work field. global crisis had effect CPO industries. 2009 Indonesian palm production touching 20 million ton. From that rate, it suppose about 4.5-5 million tons, among that was local consume, and 15-15.5 million tons are for export. The question is how to optimum local CPO consume. In this research, the writer calculate supply of CPO production and Demand of CPO consume. The used of penalty method is to obtain the optimum CPO distribution network. There are several alternate ship operation of CPO province distribution, there are charter and tanker liner and as well as charter and barge liner with tanker and barge. The cheaper alternate are found by using cost analysis and simplex optimation method to obtain alternate ship charter. Distribution optirnation design model are used to meet a demand for each refillable oil industries based on CPO (Crude Palm Oil) production from origin destination using Tanker or Barge to final destination Tanjung Prick Port, Tanjung Emas Port dan Tanjung Perak Port and also using tank truck for land transport moda from port to refillable oil factories. From our analysis we recommend armada for CPO (Crude Palm Oil) transport are Tanker. Otherwise if we focused on cost then we recommended to used Tanker because lower cost. Because It's depend on the CPO (Crude Palm Oil) annually supply.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSPe 658.788 Ary m-1, 2010
Uncontrolled Keywords: distribusi cpo, domestik, suppy dan demand, altematif peraswnal kapal,Metode penahi,model optimisasL cpo distribution,domestic,supply and demand, ship operational alternative, pinalty models,optimization models,
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE564.A1 Shipping
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:52
Last Modified: 12 Jan 2024 06:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105466

Actions (login required)

View Item View Item