Perancangan Flywheel Untuk Sistem Hybrid Pada ATC Bus Trans Jakarta Berdasarkan Model Dinamika Longitudinal Kendaraan Yang Menyertakan Interaksi Pengemudi Kendaraan Driving Cycle Pulogadung - Monas CB

Tedji, Hadid Bismara (2014) Perancangan Flywheel Untuk Sistem Hybrid Pada ATC Bus Trans Jakarta Berdasarkan Model Dinamika Longitudinal Kendaraan Yang Menyertakan Interaksi Pengemudi Kendaraan Driving Cycle Pulogadung - Monas CB. Other thesis, Insititut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2109100033_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2109100033_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bus trans jakarata merupakan sebuah bus yang beroperasi pada sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) di Jakarta. Bus Transjakarta ini beroperasi dengan menurunkan dan mengangkut penumpang pada halte-halte yang telah disediakan. Kerena Bus trans Jakarta ini harus berhenti di setiap halte ini maka dalam pengoperasiannya akan banyak melakukan perlambatan dan percepatan dengan massa yang sangat besar. Dari sana dapat diasumsikan bahwa kendaraan Bus Trans Jakarta ini akan membutuhkan daya yang besar. Maka diperlukan sebuah sistem yang dapat membantu kinerja engine Bus Trans Jakarta dalam menghasilkan daya agar kendaraan dapat berjalan dengan driving cycle Pulogadung – Monas CB tanpa adanya keterlambatan. Tujuan Tugas akhir ini untuk membuat model kendaraan Bus Transjakarta dengan sistem Flywheel hybrid yang dapat membantu kinerja engine Bus Transjakarta agar kendaraan dapat berjalan dengan driving cycle Pulogadung – Monas CB tanpa adanya keterlambatan. Pada tugas akhir ini dibuat sebuah pemodelan dinamika Bus Trans Jakarta ke arah longitudinal dengan interaksi pengemudi melalui bukaan throttle dan pemindahan rasio transmisi pada driving cycle Pulogadung – Monas CB. Setelah membuat model dinamika kendaraan dirancang dimensi flywheel hybrid yang digunakan untuk energy storage sistem pada sistem hybrid. Kemudian membuat pemodelan Bus Transjakarta yang dilengkapi dengan Flywheel hybrid sistem. Hasil yang didapatkan dari tugas akhir ini didapatkan dari pemodelan dinamika Bus Trans Jakarta dengan interaksi pengemudi pada driving cycle Pulogadung – Monas CB berupa daya terbesar driving cycle sebesar 519.6 kW saat akselerasi. Dari daya driving cycle maksimum digunakan untuk merancang flywheel. Pada kondisi bukaan throttle 0-100 % flywheel bermassa 111.34 Kg, pada kondisi bukaan throttle 0-50 % flywheel bermassa 179.1 Kg dan pada kondisi bukaan throttle khusus flywheel bermassa 129.82 Kg. Ditinjau dari massa , jumlah charging dan discharging serta konsumsi bahan bakar maka dipilih kondisi bukaan throttle khusus. Pada kondi si throttle khusus ini memiliki flywheel dengan massa 129.82 Kg, jumlah charging sebanyak 2 kali dan jumlah discharging 28 kali serta memiliki konsumsi bahan bakar 9.041 Km/liter.
=============================================================================================================================
Trans Jakarta Bus is a Bus Rapid Transportation system in Jakarta.Trans Jakarta bus operated by lowering and picking up passenger on the provided station. Because of trans Jakarta bus stop and go motion at each stationit will accelerate and decelerate with a large mass. We can assume the that that trans Jakarta bus will require a large power. A system that can help the vehicles engine in order to generate power is needed. This system will help the vehicle to run at Pulogadung- Monas BC driving cycle. The purpose of this final project is to create a model of trans Jakarta buse with a flywheel hybrid system that can help the vehicle run at Pulogadung – Monas CB driving cycle without any delay. In this final project start by modeling alongitudinal vehicle with the driver interaction via throttle level and gear shift raion on Pulogadung – Monas CB driving cycle.from the modeling dat is used to design flywheel hybrid dimension. Flywheel is used to store energy in a flywheel hybrid system The result of this final project is, drom the trans Jakarta bus longitudinal modeling eith the interaction of the driver via throttle level dan gear shift ratio on Pulogadung – Monas CB driving cycle is the maximum driving cycle power is 519.6 kW during acceleration. From the driving cycle maximum power it is used to design a flywheel. A 0-100 % throttle level condition the flywheel is 111.34 Kg, for a 0-50 % throttle level condition the flywheel is 179.1 Kg and for a special throttle level the flywheel is 129.82 Kg. In terms of mass, the number of charging and discharging as well as fuel consumption then selected the special throttle level condition.at tis special throttle level condition the flywheel is 129,82Kg, 2 times of charging and 28 times for discharging and have fuel consumption of 9.9 Km/Liter.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSM 629.229 3 Ted p-1, 2014
Uncontrolled Keywords: Bus Hybrid. Flywheel, Driving cycle, Pemodelan, Driving cycle, Flywheel, Hybrid Bus, Modeling
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL220 Electric vehicles and their batteries, etc.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:28
Last Modified: 16 Jan 2024 06:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105512

Actions (login required)

View Item View Item