Perancangan dan Implementasi Chatbot Pembelajaran Candi Borobudur pada Metaversitas

Dewanata, Rere Arga (2024) Perancangan dan Implementasi Chatbot Pembelajaran Candi Borobudur pada Metaversitas. Project Report. [s.n.], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 5025201078-Project_Report.pdf] Text
5025201078-Project_Report.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Magang bersertifikat adalah salah satu program yang termasuk dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk turut serta dalam praktik kerja secara langsung di berbagai mitra. Tak hanya sebagai penyelenggara, Kemendikbudristek juga berperan sebagai mitra penulis melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek). Pada batch ke-5 ini, Ditjen Diktiristek melakukan pengembangan sistem pembelajaran interaktif pada Metaversitas mengenai Candi Borobudur yang dilengkapi asisten virtual berupa chatbot. Pengembangan sistem dilakukan menggunakan Large Language Model (LLM) opensource “Asyafiqe/Merak-7B-v3-Mini-Orca-Indo” yang dilakukan penambahan konteks dengan dataset mengenai Candi Borobudur dari jurnal dan buku agar terjaga kredibilitasnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Metaverse, Large Language Model, Deep Learning
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.8 Nonlinear programming. Support vector machine. Wavelets. Hidden Markov models.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rere Arga Dewanata
Date Deposited: 16 Jan 2024 08:31
Last Modified: 16 Jan 2024 08:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105516

Actions (login required)

View Item View Item