Studi eksperimen dan numerik tentang aliran boundary layer yang melintasi bump setengah lingkaran dengan pengganggu berupa kawat melintang ‘’studi kasus untuk Re = 21000 dan 9 = 30 derajat, 40 derajat, dan 50 derajat’’

Wijaya, Radiaprima Kartika (2014) Studi eksperimen dan numerik tentang aliran boundary layer yang melintasi bump setengah lingkaran dengan pengganggu berupa kawat melintang ‘’studi kasus untuk Re = 21000 dan 9 = 30 derajat, 40 derajat, dan 50 derajat’’. Other thesis, Insititut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2110100119_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2110100119_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Telah banyak penelitian-penelitian yang dilakukan tentang karakteristik boundary layer melintasi suatu pelat datar dengan bump. Pada penelitian ini akan dikaji tentang karakteristik aliran yang melintasi suatu bump setengah lingkaran dengan inlet disturbance berupa kawat melintang pada sisi upstream bump. Adanya inlet disturbance berupa kawat melintang diharapkan separasi yang terjadi dapat tertunda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui titik separasi, distribusi koefisien tekanan (Cp), koefisien pressure drag (CD,p) berdasarkan tekanan, dan koefisien total drag sepanjang pelat datar (CD). Penelitian ini dilakukan dengan dua metode yaitu metode eksperimen dan numerik. Studi eksperimen dilakukan pada subsonic wind tunnel yaitu pada kecepatan freestream 16.5 m/s (Re = 21,000). Benda uji berupa plat datar yang diberi bump setengah lingkaran dengan inlet disturbance kawat melintang pada upstream bump dan pelat datar tanpa inlet distrubance. Koefisien tekanan (Cp) didapatkan dari pengukuran tekanan statis yang dilakukan sepanjang kontur bump dan pada permukaan pelat datar dengan menggunakan wall pressure tap, sedangkan koefisien pressure drag (CD,p) didapatkan dari perhitungan berdasarkan tekanan. Pengukuran kecepatan aliran fluida yang melalui permukaan plat datar dengan bump menggunakan Pitot tube. Studi numerik mengunakan perangkat lunak yaitu program Fluent 6.3.26 dengan model turbulen k-ω shear-stress transport (SST) 2D steady flow. Pada penelitian ini didapatkan dengan adanya pengganggu berupa kawat melintang pada sisi upstream bump memberikan kenaikan nilai koefisien drag (CD.). Kenaikaan nilai koefisien drag (CD) terjadi ketika bump diganggu dengan kawat pada sudut 30°, 40°, maupun pada sudut 50° . Hal ini terjadi pada hasil eksperimen maupun hasil dari simulasi numerik.
=============================================================================================================================
There have been many studies conducted on the characteristics of the boundary layer over a flat plate with a bump. This study will be assessed on the flow characteristics over a semi-circular bump with inlet disturbance in the form of wire on the upstream side of the bump. The presence of transverse inlet disturbance in the form of wire, separation is expected to occur may be delayed. The purpose of this study was to determine the point of separation, the distribution of the pressure coefficient (Cp), pressure drag coefficient (CD,p) based on the pressure, and the total drag coefficient along the flat plate (CD). This study was conducted by two methods: experimental and numerical methods. Studies experiments on subsonic wind tunnel freestream velocity is at 16.5 m/s (Re = 21,000). Specimens in the form of a flat plate is given a semi-circular bump with inlet disturbance in the transverse wire bump upstream inlet and a flat plate without disturbance. Pressure coefficient (Cp) obtained from static pressure measurements were performed along the contour of the bump and the flat plate surface using the wall tap pressure, while the pressure coefficient of drag (CD,p) obtained from calculations based on pressure. Measurement of fluid flow velocity through the surface of a flat plate with a bump using a Pitot tube. Numerical studies using the software Fluent 6.3.26 is a program with k-ω turbulent model of shear - stress transport (SST) 2D steady flow. In this study, obtained with the bullies in the form of wire on the upstream side of the bump gives rise in the value of the coefficient of drag (CD). Increase of drag coefficient (CD) occurs when a bump plagued with wire at an angle of 30°, 40°, respectively 50°. This happened on the experimental results and the results of numerical simulations.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSM 620.106 4 Wij s-1, 2014
Uncontrolled Keywords: Bump, boundary layer turbulen, separasi, koefisien drag (CD), koefisien tekanan (Cp), koefisien pressure drag (CD,p), studi eksperimen, dan studi numerik, Bump, turbulent boundary layer, separation, drag coefficient ( CD ), the pressure coefficient ( Cp ), pressure coefficient of drag ( CD,p ), experimental studies, and numerical studies
Subjects: Q Science > QC Physics > QC151 Fluid dynamics
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:20
Last Modified: 17 Jan 2024 06:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105533

Actions (login required)

View Item View Item