Perhitungan beban pendingin pada kabin pesawat Airbus 330-300

Herviando, Aryo K.W. (2014) Perhitungan beban pendingin pada kabin pesawat Airbus 330-300. Diploma thesis, Insititut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2111030001_Non_Degree.pdf] Text
2111030001_Non_Degree.pdf

Download (6MB)

Abstract

Definisi pengkondisian udara yang nyaman (comfort air conditioning) adalah proses perlakuan terhadap udara untuk mengatur suhu, kelembaban, kebersihan, dan pedistribusiannya secara serentak guna mencapai kondisi nyaman yang di butuhkan oleh penghuni yang berada di dalamnya, oleh karena itu pesawat terbang memerlukan system pengkondisian udara, karena ketika semakin tinggi kita terbang, temperature dan tekanan udara sekitar akan semakin rendah. Suatu pesawat yang sedang terbang, dengan ketinggian sekitar 8000 sampai 10000 m, tekanan , temperatur, dan kelembaban adalah sangat jauh berbeda dengan keadaan jika kita di darat. Tujuan yang ingin dicapai dalam tugas akhir ini adalah, untuk mencapai tingkat kenyamanan penumpang pesawat yang telah ditentukan oleh Federal Aviation Regulation (FAR) dengan menghitung beban total pendinginan yang ada pada pesawat Airbus 330 – 300 pada 2 keadaan yang berbeda yaitu : Ground idle dan maximum cruise. Pada tugas akhir ini didapatkan perhitungan grand total heat berdasarkan penj umlahan cooling load (Q) dari atap, dinding, kaca, lantai, radiasi sinar matahari yang melalui kaca, jumlah lampu, jumlah penumpang, dan peralatan elektronik yang menghasilkan panas. Serta adapun factor lain yang berpengaruh pada perhitungan ini adalah dimensi pesawat, jam keberangkatan, bulan keberangkatan, dan tujuan keberangkatan. Dari hasil perhitungan, beban pendingin yang didapat pada saat kondisi Ground Idle adalah sebesar , sedangkan pada saat kondisi Maximum Cruise adalah sebesar
=============================================================================================================================
Definition of comfortable air conditioning is the process of air treatment to control temperature, humidity, cleanliness, and the distribution is simultaneously in order to achieve comfortable conditions that needed by residents inside, therefore an aircraft requires air conditioning system, because when the higher we fly, the temperature and pressure of the surrounding air would be lower. An aircraft in flight, with elevation about 8000 to 10000 m, pressure, temperature, and humidity is very different from the situation on the ground. Objectives to be achieved in this final project is, to achieve the level of comfort of airline passengers that have been determined by the Federal Aviation Regulations (FAR) by calculate the total cooling load on the Airbus 330-300 on two different conditions, that is ground idle and maximum cruise In this final project, grand total calculation of heat obtained by the summary of cooling load (Q) of the roof, walls, glass, floors, solar radiation through glass, number of lights, number of passengers, and electronic equipment that generates heat. As well as for other factors that affect this calculation are dimensional plane, the departure time, departure month, destination and departure. From the calculation, the cooling load that obtained when on ground idle condition is whereas when on maximum cruise is

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSM 621.564 Her p-1, 2014
Uncontrolled Keywords: Beban pendingin, Ground Idle, Maximum Cruise, grand total heaT, cooling load, Ground Idle, Maximum Cruise, a grand total heat
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4035.R4 Refrigeration and refrigerating machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:43
Last Modified: 18 Jan 2024 03:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105545

Actions (login required)

View Item View Item