Studi Eksperimen Dan Numerik Tentang Aliran Pemodelan Dan Simulasi Sistem Pengereman Hidrolik Jenis Lock Brake System (LBS) Pada Kendaraan Gea Pick Up Dengan Variasi Komponen Pengereman Yang Ditentukan Dari Kendaraan Niaga Jenis Lainya

Subrantas, Wisnu (2014) Studi Eksperimen Dan Numerik Tentang Aliran Pemodelan Dan Simulasi Sistem Pengereman Hidrolik Jenis Lock Brake System (LBS) Pada Kendaraan Gea Pick Up Dengan Variasi Komponen Pengereman Yang Ditentukan Dari Kendaraan Niaga Jenis Lainya. Other thesis, Insititut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2111106021_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2111106021_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu bagian penting tentang kesalamatan dalam kendaraan adalah sistem rem. Suatu sistem rem dirancang untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan atau memungkinkan parkir pada tempat dengan kemiringan tertentu. Dalam tugas akhir ini akan dilakukan suatu pemodelan dan simulasi dari sistem pengereman kendaraan GEA Pick Up. Dimana sistem pengereman pada kendaraan GEA ini beberapa komponennya akan diganti-ganti dengan komponen dari sistem pengereman kendaraan lain, yaitu Suzuki Carry Pick Up, Daihatsu Granmax Pick Up, dan Mitsubishi Colt L300 Pick Up. Dalam pemodelannya diasumsikan kendaraan membawa muatan seberat satu ton dan dua orang, dimana digunakan kecepatan 10 hingga 70 km/jam. Dalam penelitian ini, nantinya akan dianalisa jarak pengereman dan perlambatan yang terjadi. Dari penelitian ini didapatkan performansi pengereman terbaik yaitu penerapan komponen dari sistem pengereman pada kendaraan Mitsubishi Colt L300 Pick Up. Dimana pada kecepatan 70 km/h memiliki waktu pengereman selama 6,388 detik, perlambatan sebesar -2,407 m/s2 dan jarak pengereman 50,86 m.
=============================================================================================================================
One important part of the vehicle is brae system. A brake system is designed to reduce speed and stop the vehicle or allow parking in a place with a certain slope. In this final project will be carried out a modeling and simulation of vehicle braking systems GEA Pick Up. Where the braking system on the vehicle GEA some of its components are interchangeable with components from other vehicles braking system, The Suzuki Carry Pick Up, Daihatsu Granmax Pick Up, and Mitsubishi Colt L300 Pick Up. In modeling the is assumed to carry a payload weighing one ton and two peoples, which are used speeds of 10 to 70 km/h. In the present study, braking distance and deceleration will be analyzed. From this study, the best braking performance is the implementation components of system on vehicle Mitsubishi Colt L300 Pick Up. Where the speed of 70 km/h has a braking time 6,388 seconds, -2,407 m/s2 and has a braking distance for 50,86 m.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSM 629.246 Sub p-1, 2014
Uncontrolled Keywords: LBS; Performansi; Jarak Pengereman; Perlambatan, Braking distance; Deceleration; Performance.
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL262 Automobiles--Transmission devices--Design and construction.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:38
Last Modified: 19 Jan 2024 03:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105571

Actions (login required)

View Item View Item