Perancangan Antarmuka Pengalaman Pengguna Aplikasi Monitoring Emisi Kapal di Pelabuhan

Hutomo, Rycahaya Sri (2023) Perancangan Antarmuka Pengalaman Pengguna Aplikasi Monitoring Emisi Kapal di Pelabuhan. Project Report. [s.n.], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 5025201046-Project_Report.pdf] Text
5025201046-Project_Report.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Emisi kapal di Pelabuhan dapat berdampak pada pencemaran lingkungan. Diterapkannya regulasi terkait ambang batas emisi kapal membuat Indonesia melakukan tindakan pengujian emisi kapal. Namun, Indonesia memiliki keterbatasan dalam melakukan pengujian emisi kapal ini. Hal itu mengakibatkan pihak pelabuhan jarang bahkan tidak melakukan uji emisi kapal. Untuk mempermudah dalam pengujian emisi kapal, terdapat inovasi pengujian emisi kapal menggunakan teknologi PUTA. Agar visualisasi data hasil uji emisi dapat mudah dipahami, maka dibuatlah aplikasi Monitoring Emisi Kapal di Pelabuhan. Perancangan antarmuka pengalaman pengguna aplikasi ini melalui beberapa tahap, seperti penggalian dan analisis kebutuhan, pembuatan mockup dan prototipe, serta pengujian prototipe ke pengguna. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan dapat mempermudah pihak yang terlibat dalam pengawasan emisi kapal dalam memonitor emisi kapal dan menindak lanjut apabila terdapat pelanggaran ambang batas emisi kapal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Emisi Kapal, Antarmuka Pengguna, Pengalaman Pengguna, PUTA, Vessel Emission, User Interface, User Experience, Drone
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T59.7 Human-machine systems.
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rycahaya Sri Hutomo
Date Deposited: 25 Jan 2024 06:24
Last Modified: 25 Jan 2024 06:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105628

Actions (login required)

View Item View Item