Desain dan Simulasi Kontrol Kecepatan Motor Induksi 10 KW Menggunakan Metode Direct Torque Control Berbasis Fuzzy Logic Controller untuk Mobil Listrik

Bahri, Moh. Syaiful (2024) Desain dan Simulasi Kontrol Kecepatan Motor Induksi 10 KW Menggunakan Metode Direct Torque Control Berbasis Fuzzy Logic Controller untuk Mobil Listrik. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111940000011-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
07111940000011-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kendaraan listrik berkembang pesat karena keunggulannya dalam hal ramah lingkungan, dan kebisingan rendah. Motor induksi merupakan motor yang umum digunakan dengan kelebihan seperti kesederhanaan, efisiensi tinggi dan perawatan yang mudah. Namun, motor induksi memiliki kelemahan dalam mengontrol kecepatan. Metode Direct Torque control (DTC) dipilih untuk mengendalikan kecepatan motor induksi karena memberikan respon torsi yang dinamis Namun, DTC mengalami perubahan beban yang membuat respon kecepatan kurang responsive. Oleh karena itu, dalam penelitian ini digunakan metode DTC dengan Fuzzy logic control (FLC) untuk meningkatkan respon kecepatan dengan mengatur batas nilai referensi torsi. Untuk mengetahui respon kecepatan yang dihasilkan menggunakan fuzzy logic control pada penelitian ini dipilih Kontroler PID sebagai pembanding hasil kontroler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kontroler fuzzy memberikan respon kecepatan dan torsi yang lebih baik dan stabil daripada kontroler PID pada kondisi tanpa beban, berbeban, dan pembebanan langsung menggunakan mobil series phev roadster ITS. Dari hasil simulasi dengan menggunakan pembebanan langsung menggunakan mobil series phev roadster ITS saat melalui jalan datar, menanjak, dan menurun didapatkan respon kecepatan dengan menggunakan kontrol FLC lebih baik daripada menggunakan PID, dimana ketika menggunakan FLC tidak mengalami overshoot, sedangkan ketika menggunakan PID mengalami rata-rata overshoot sebesar 14,24%. Kemudian respon kecepatan aktual mencapai kondisi steady state menggunakan FLC rata-rata selama 0,003 detik sedangkan menggunakan PID rata-rata selama 0,24 detik. Serta rata-rata kecepatan aktual yang dihasilkan ketika kondisi steady state menggunakan FLC sebesar 1,21% dan menggunakan PID 1,37%. Dari kecepatan referensi.
=================================================================================================================================
Electric vehicles are increasing due to their environmental friendliness, and low noise. Induction motors are commonly used engines with benefits such as simplicity, high efficiency, and easy maintenance. However, induction motors have weaknesses in controlling speed. The Direct Torque Control (DTC) method is chosen to control the speed of induction motors as it provides a fast dynamic torque response. However, DTC experiences load changes that make the speed response less responsive. Therefore, this study uses the DTC method with Fuzzy Logic Control (FLC) to improve the speed response by setting the torque reference value limit. A PID controller is selected to compare controller results to determine the speed response generated using fuzzy logic control in this study. The research results show that the use of a fuzzy controller provides better and more stable speed and torque responses than a PID controller in no-load, loaded and direct-load conditions using an ITS Phev Roadster series car. From the simulation results using direct loading using an ITS Phev Roadster series car when traveling on flat, uphill and downhill roads, it was found that the speed response using FLC control was better than using PID, where when using FLC there was no overshoot, whereas when using PID there was an average of the average overshoot is 14.24%. Then the actual speed response reaches steady state conditions using FLC for an average of 0.003 seconds while using PID an average of 0.24 seconds. And the average actual speed produced when steady state conditions using FLC is 1.21% and using PID is 1.37%. From reference speed.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Motor Induksi, Direct Torque Control, Fuzzy Logic Controller, Kendaraan Listrik
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2785 Electric motors, Induction.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: MOH. SYAIFUL BAHRI
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:59
Last Modified: 26 Jan 2024 03:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105657

Actions (login required)

View Item View Item