Market Basket Analysis Menggunakan Algoritma Apriori pada Perusahaan Asuransi

Leilani, Callista Adelynn (2024) Market Basket Analysis Menggunakan Algoritma Apriori pada Perusahaan Asuransi. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 06311840000059-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
06311840000059-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, perusahaan asuransi di Indonesia telah mencapai sebanyak 149 perusahaan per 2021. Padahal, tidak sedikit masyarakat yang masih beranggapan tidak membutuhkan proteksi asuransi. Tentunya hal ini memperketat persaingan bisnis antar perusahaan-perusahaan asuransi di Indonesia. Perusahaan asuransi membutuhkan strategi yang tepat untuk dapat menarik minat pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan memiliki produk-produk yang diminati oleh masyarakat. Produk-produk dalam perusahaan asuransi memiliki banyak jenis, dan terkadang manfaat-manfaat yang dibutuhkan oleh pelanggan terdapat pada produk yang berbeda-beda. Hal ini dianggap kurang optimal dan dapat mengurangi minat pembeli. Sehingga pada penelitian ini akan dilakukan market basket analysis dengan menggunakan bantuan algoritma Apriori untuk mengetahui pola pelanggan dalam membeli produk asuransi. Market basket analysis merupakan suatu penerapan teknik asosiasi yang digunakan untuk menemukan kelompok-kelompok barang yang terjadi secara bersamaan dalam suatu transaksi. Algoritma Apriori merupakan salah satu metode dalam melakukan market basket analysis. Algoritma Apriori menggunakan frequent itemsets dalam keseluruhan transaksi untuk menemukan pola pembelian pelanggan. Penelitian ini menggunakan data sampling untuk mengetahui riwayat transaksi dari pelanggan perusahaan asuransi PT X dalam rentang waktu September 2022 hingga September 2023. Didapatkan hasil bahwa dibelinya produk MyLifeBuddies memiliki kecenderungan bahwa produk AVA Health Protection juga akan dibeli dengan ukuran kepercayaan lift sebesar 3,7767. Diperoleh juga informasi bahwa jenis perlindungan yang paling diminati merupakan jenis Perlindungan Jiwa, sedangkan produk yang paling diminati adalah produk FLEXI Critical Illness Protection.
=====================================================================================================================================
According to data of Badan Pusat Statistik (BPS), insurance companies in Indonesia has reached the amount of 149 companies by 2021. On the other hand, it is not a small number of people who still thinks they do not need insurance protection. Naturally this tightens business competition between insurance companies in Indonesia. Insurance company needs the correct strategy to be able to attract customer interest. One way is by having products that interests the public. The products of an insurance company have a lot of kinds, and sometimes the benefits needed by the customers are available in different products. This is considered not optimal enough and this can reduce the buyer interest. Hence why in this research, market basket analysis will be done with the help of Apriori algorithm to discover customer’s pattern in purchasing insurance products. Market basket analysis is an application of association techniques that is used to find groups of items that occurs simultaneously in a transaction. Apriori algorithm is one of the methods to do market basket analysis. Apriori algorithm uses frequent itemsets from all transactions to find customer’s purchasing pattern. This research is using sampling data to find out the transaction history of the customers of PT X insurance company from September 2022 to September 2023. The obtained analysis result is used as reference for PT X in their products optimization. The results obtained indicate that the purchase of MyLifeBuddies products tends to be associated with a likelihood of also purchasing AVA Health Protection products, with a confidence level of 3.7767. Additionally, it was found that the most preferred type of coverage is Life Protection, while the most sought-after product is FLEXI Critical Illness Protection.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Algoritma Apriori, Market Basket Analysis, Optimalisasi produk, Perusahaan asuransi, Apriori algorithm, Insurance company, Market Basket Analysis, Product optimization
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.D343 Data mining. Querying (Computer science)
Q Science > QA Mathematics > QA9.58 Algorithms
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Actuaria > 94203-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Callista Adelynn Leilani
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:49
Last Modified: 31 Jan 2024 02:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105789

Actions (login required)

View Item View Item