Strategi Pengembangan Desain Konten Media Sosial untuk Meningkatkan Engagement Salon Kecantikan Bloopy Beauty Center

Puspaningrum, Sarfina Dwi (2024) Strategi Pengembangan Desain Konten Media Sosial untuk Meningkatkan Engagement Salon Kecantikan Bloopy Beauty Center. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032212014-Master_thesis.pdf] Text
6032212014-Master_thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Industri kecantikan dan perawatan diri di Indonesia tumbuh pesat tiap tahunnya, perkembangan ini didukung dengan promosi pemasaran dan pemanfaatan tren yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan brandnya. Konsumen muda lebih menemukan banyak merek kecantikan lewat iklan di media sosial dibandingkan media lainnya. Brand kecantikan mulai mengubah media promosinya ke media sosial contohnya Instagram yang ditunjuk sebagai salah satu platform terbaik untuk mempromosikan merek, Customer engagement memainkan peran penting untuk membentuk pengalaman konsumen dan value perusahaan. Salon kecantikan Bloopy Beauty Center adalah usaha salon mikro yang mengandalkan pemasaran media sosial melalui konten Instagram untuk memasarkan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah meneliti strategi pemasaran media sosial yang dapat mempengaruhi customer engagement pada salon kecantikan Bloopy Beauty Center melalui konten media sosial di Instagram. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode design thinking dalam menemukan rekomendasi yang paling efektif dalam menjawab kebutuhan pelanggan salon kecantikan Bloopy Beauty Center. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari studi literatur dan wawancara mendalam yang akan menghasilkan persona, empathy map dan user journey mapping yang akan diolah menjadi ide solusi permasalahan. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini adalah temuan rekomendasi strategi pemasaran media sosial untuk meningkatkan customer engagement salon Bloopy Beauty Center.
=================================================================================================================================
The beauty and personal care industry in Indonesia is growing rapidly every year, this development is supported by marketing promotions and the use of trends by companies to promote their brands. Young consumers find more beauty brands through advertisements on social media than other media. Beauty brands are starting to change their promotional media to social media, for example Instagram, which is designated as one of the best platforms for promoting brands. Customer engagement plays an important role in shaping consumer experience and company value. Bloopy Beauty Center beauty salon is a micro salon business that relies on social media marketing through Instagram content to market its business. The purpose of this study was to examine social media marketing strategies that can influence customer engagement at Bloopy Beauty Center beauty salons through social media content on Instagram. This type of research uses descriptive qualitative research with the design thinking method in finding the most effective recommendations in answering the needs of beauty salon customers at Bloopy Beauty Center. Data collection is carried out by searching for literature studies and in-depth interviews which will produce personas, empathy maps and user journey mapping which will be processed into problem solution ideas. The expected results in this study are the findings of recommendations for social media marketing strategies to increase Bloopy Beauty Center salon customer engagement.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Design Thinking, Keterlibatan Pelanggan, Salon Kecantikan, Pemasaran Media Sosial, Customer Engagement, Beauty Salon, Social Media Marketing
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Sarfina Dwi Puspaningrum
Date Deposited: 02 Feb 2024 03:58
Last Modified: 02 Feb 2024 03:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/105952

Actions (login required)

View Item View Item