Perumusan Toleransi Product-Service System (PSS) Untuk Pertimbangan Penyusunan Service Level Agreement Dan Prioritas Aktivitas Value Creation

Wahyudi, Rahman Dwi (2024) Perumusan Toleransi Product-Service System (PSS) Untuk Pertimbangan Penyusunan Service Level Agreement Dan Prioritas Aktivitas Value Creation. Doctoral thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 7010211017-Disertation.pdf] Text
7010211017-Disertation.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Product-Service System (PSS) dirancang untuk mencapai value tertentu. Value tersebut terbentuk dari aktivitas yang dirancang untuk fungsi tertentu. Secara operasional, perusahaan akan sulit menyampaikan fungsi dengan tingkat yang selalu sama. Kesediaan pelanggan untuk menerima PSS dengan puas setelah mengetahui variasi fungsi pada serangkaian aktivitas yang dilalui merupakan bentuk toleransi pelanggan pada PSS. Toleransi telah banyak menjadi topik penelitian terdahulu baik toleransi pada produk ataupun service. Namun demikian toleransi pada Product Service System (PSS) secara spesifik belum dibahas pada penelitian sebelumnya. Padahal, ketidakmampuan dalam memenuhi toleransi berdampak pada tingkat kualitas produk ataupun jasa, biaya dan tingkat kepuasan. PSS sebagai bentuk integrasi produk dan service juga semakin meningkat di industri. Untuk menutup kesenjangan tersebut, tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendefinisikan dan menghitung ukuran toleransi pada PSS. Pada penelitian ini, besar toleransi dihitung dari ekspektasi pelanggan terhadap kinerja aktivitas value creation dengan memperhatikan nilai kepuasan pelanggan. Semakin besar toleransi, semakin besar kesempatan perusahaan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan. Berdasarkan pemahaman ini, penilaian terhadap urgensi aktivitas dilakukan. Selain itu, analisis toleransi digunakan untuk pertimbangan menyusun Service Level Agreement (SLA). Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah tersedianya referensi bagi perusahaan dengan komoditas PSS untuk mengevaluasi kesesuaian kinerja aktivitas value creation selama ini dengan harapan pelanggan. Lebih jauh lagi, analisis toleransi dapat digunakan pertimbangan dalam menyusun konfigurasi kinerja setiap aktivitas value creation agar komoditas dapat diterima oleh pelanggan dan sejalan dengan kepentingan penentuan SLA.
=================================================================================================================================
Product-Service System (PSS) is designed to achieve certain values. This value is formed from activities designed for intended functions. Operationally, it will be difficult for companies to deliver tasks simultaneously. The customer's willingness to accept PSS with satisfaction after knowing the variations in function in a series of activities undertaken is a form of tolerance for PSS. Tolerance has been a topic of many previous studies in product and service. However, previous research has not specifically discussed tolerance in the Product-Service System (PSS). The inability to meet tolerances impacts product or service quality, costs, and satisfaction levels. PSS as a form of product and service integration is also increasing in the industry. The main objective of this research is to define and calculate the tolerance for PSS. In this research, the tolerance size is estimated from customer expectations regarding the performance of value-creation activities by considering the value of customer satisfaction. The greater the tolerance, the greater the company's opportunity to provide customer satisfaction. Based on this understanding, the activity priority needs to be arranged. In addition, tolerance analysis is used to consider preparing a Service Level Agreement (SLA). The managerial implication of this research is the availability of references for companies with PSS commodities to evaluate the suitability of the performance of value creation activities so far with customer expectations. Furthermore, tolerance analysis can be used to prepare the performance configuration for each value creation activity so that customers can accept the commodity and it is in line with the interests of determining the SLA.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Product-Service System, Tolarance, toleransi, Service Level Agreement, value creation
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26001-(S3) PhD Thesis
Depositing User: Rahman Dwi Wahyudi
Date Deposited: 05 Feb 2024 01:16
Last Modified: 05 Feb 2024 01:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/106023

Actions (login required)

View Item View Item