Analisis Perbandingan Tiga Alternatif Perkuatan Timbunan di Atas Tanah Lunak (Studi Kasus: Ruas Jalan Calang - Simpang Peut)

Mardian, Doni (2024) Analisis Perbandingan Tiga Alternatif Perkuatan Timbunan di Atas Tanah Lunak (Studi Kasus: Ruas Jalan Calang - Simpang Peut). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6012221035-Master_Thesis.pdf] Text
6012221035-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu kerusakan jalan yang diakibatkan oleh tanah problematik terdapat pada Ruas Jalan Calang – Simpang Peut. Jenis kerusakan yang terjadi adalah penurunan tidak seragam dan keruntuhan geser. Data menunjukkan bahwa pada kedalaman 0 meter (OGL) sampai dengan 5 meter pada ruas tersebut adalah tanah lunak. Saat ini telah dilakukan perbaikan dengan menggunakan sistem Cakar Ayam Modifikasi yang dibuat di atas timbunan. Penggunaan sistem CAM di atas timbunan memiliki permasalahan penurunan yang akan menyebabkan permukaan timbunan mengalami penurunan tidak seragam. Lebih lanjut menurut Hadiyatmo (2022), Harga estimasi di Pulau Jawa per m2 sistem Cakar Ayam Modifikasi sebesar Rp. 1.563.438,-. Didalam penelitian ini, ditinjau tiga alternatif yang sudah terbukti efektif dan efisien untuk menangani kerusakan jalan di atas tanah lunak. Alternatif tersebut adalah perkuatan dengan geosintetik, perkuatan geosintetik dengan PVD, dan perkuatan dengan encapsulated stone column. Ke-3 alternatif tersebut akan dilakukan analisis berdasarkan efisiensi dan efektivitasnya untuk menangani kerusakan pada ruas ini. Analisis kekuatan stabilitas dan penurunan adalah parameter untuk analisis efisiensi. Kemudahan pelaksanaan dan biaya adalah parameter untuk analisis efektivitas. Hasil perhitungan analisis menunjukkan alternatif perkuatan timbunan dengan geotekstil dapat mengurangi waktu pelaksanaan sebesar 42% dan biaya sebesar 43% dibandingkan dengan sistem CAM. Namun untuk perbaikan tanah dengan encapsulated stone column menambah waktu pelaksanaan sebesar 20% dan biaya sebesar 25% dibandingkan dengan sistem CAM. Untuk penggunaan alternatif PVD tidak disarankan karena tidak efektif dan efisien.
=================================================================================================================================
One of the road damages caused by problematic soil is found on the Calang - Simpang Peut Road Section. Soil testing data shows that soft soil exists at a depth of zero meters, up to five meters. The damage is being repaired using a Modified Cakar Ayam (CAM) system. The CAM system is built on a road embankment. Using the CAM on the top of the road embankment has a settlement problem that will cause non-uniform settlement. This study reviews three alternatives that have been proven effective and efficient in fixing road embankment failures on problematic soils. These alternatives are geosynthetic reinforcement, geosynthetic reinforcement with prefabricated vertical drain (PVD), and encapsulated stone columns. This research will analyze the three alternatives based on their efficiency and effectiveness in treating the damage. The results of the calculation analysis show that the geosynthetic-reinforced embankment is the most effective alternative design. The alternative can also reduce the execution time by 42% and cost by 43% compared to the CAM system. However, a subgrade improvement alternative with encapsulated stone columns increases the execution time by 20% and cost by 25% compared to the CAM system, and using a PVD alternative is not recommended to repair the road embankment on this road section.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: soil reinforcement, soft soil, embankment, geotextile, perbaikan tanah, tanah lunak, timbunan, geotekstil
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA455.S6 Soil (Materials of engineering and construction)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA775 Foundations.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Doni Mardian
Date Deposited: 05 Feb 2024 08:03
Last Modified: 05 Feb 2024 08:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/106116

Actions (login required)

View Item View Item