Analisis Kelongsoran Lereng Timbunan Dan Efektivitas Perkuatan Dengan Full Displacement Column Pada Tanah Lunak Studi Kasus : Pembangunan Jalan Tol Ruas Padang Sicincin Sta 7+400 – 7+550

Arifanto, Firman (2024) Analisis Kelongsoran Lereng Timbunan Dan Efektivitas Perkuatan Dengan Full Displacement Column Pada Tanah Lunak Studi Kasus : Pembangunan Jalan Tol Ruas Padang Sicincin Sta 7+400 – 7+550. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6012221033-Master_Thesis.pdf] Text
6012221033-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (27MB) | Request a copy

Abstract

Paket yang sedang dalam tahap proses konstruksi pada ruas jaringan jalan tol Trans Sumatera salah satunya adalah seksi Padang – Lubuk Alung – Sicincin yang ditargetkan selesai pada Juli 2024. Salah satu kendala dalam proses pekerjaan yaitu terdapat kelongsoran timbunan pada STA 7+450 yang terindikasi akibat adanya penurunan pada tanah dasar. Hal ini mengakibatkan proses konstruksi tidak bisa berlanjut sehingga terjadi keterlambatan dalam progress pelaksanaan konstruksi. Oleh karena itu dibutuhkanlah suatu kajian yang berfokus pada analisis penyebab kelongsoran dan rekomendasi tindaklanjut untuk mengatasi permasalahan pada pekerjaan timbunan STA 7+450 pada proyek Pembangunan Jalan Tol Ruas Padang – Pekanbaru seksi Padang – Lubuk Alung – Sicincin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis permodelan elemen hingga dengan melihat nilai Safety Factor lereng timbunan pada analisis balik. Kelongsoran hasil permodelan dengan metode elemen hingga ini juga dibandingkan dengan garis kelongsoran yang terjadi di lapangan. Dari back analysis diperoleh paramater baru ketika kelongsoran terjadi sebagai input dalam analisis perkuatan. Untuk tindak lanjut perbaikan, diusulkan perkuatan menggunakan full displacement column dimana akan dianalisis variasi pengaruh jarak pemasangan kolom FDC, tebal, dan kombinasi material load transfer platform terhadap kestabilan lereng, penurunan, dan arching effect. Diperoleh bahwa struktur timbunan sebelum kelongsoran memiliki nilai SF yang kritis yaitu SF = 1.019. Kelongsoran terjadi akibat dari material timbunan yang digunakan kurang baik dan didominasi material berpasir (C mendekati 0). Selain itu, terdapat juga tanah lunak yang masih belum stabil pada permukaan setebal 0.5 m. Diperoleh perubahan parameter berupa c’ = 5.06 kN/m2 dan Ø’ =6.32o, cc = 0.8175 dan cs =0.1204 pada tanah lunak lapisan teratas yang merupakan penyebab kelongsoran. Dari hasil permodelan untuk mencari efektivitas perkuatan dengan FDC diperoleh parameter optimum dengan acuan jarak 3 kali diameter kolom, dan tebal Load Transfer Platform 1.2 meter dengan perkuatan geotekstile ataupun geogrid. Dari hasil analisis, perkuatan menggunakan FDC pada tanah lunakn ini efektif terhadap beban vertikal seperti beban lalu lintas akan tetapi kurang efektif untuk mengakomodir beban gampa pseudostatic.
==================================================================================================================================
The package that is currently under construction on the Trans Sumatra toll road network section Padang - Pekanbaru is the Padang - Lubuk Alung - Sicincin section which is targeted for completion in July 2024. One of the obstacles in the work process is that there is an embankment landslide at STA 7 + 450 which is indicated due to a decrease in the subgrade. This resulted in the construction process not being able to continue so there was a delay in the progress of construction implementation. Therefore, a study is needed that focuses on analyzing the causes of landslides and follow-up recommendations to overcome problems in the STA 7 + 450 embankment work on the Padang - Pekanbaru Toll Road Construction project section Padang - Lubuk Alung - Sicincin. The method of this research is to use finite element modeling analysis by looking at the Safety Factor value of the embankment slope in the back analysis. The landslide modeling results with the finite element method are also compared with the landslide lines that occur in the field. From the back analysis, new parameters are obtained when the landslide occurs as input in the reinforcement analysis. For corrective reinforcement, a full displacement column is proposed where the effect of FDC column spacing, thickness, and load transfer platform material combination on slope stability, settlement, and arching effect will be analyzed. It was found that the embankment structure before the collapse had a critical SF value of SF = 1.019. The landslide occurred as a result of the embankment material used was poor and dominated by sandy material (C close to 0). In addition, there is also soft soil that is still unstable on the surface of 0.5 m thick. Parameter changes were obtained in the form of c' = 5.06 kN/m2 and Ø' =6.32o, cc = 0.8175 and cs =0.1204 in the top layer of soft soil which was indicated to be the cause of the landslide. From the modeling results to find the effectiveness of reinforcement with FDC, the optimum parameters were obtained with reference to a distance of 3 times the diameter of the column, and a Load Transfer Platform thickness of 1.2 meters with geotextile or geogrid reinforcement. From the analysis, reinforcement using FDC on soft soil is effective against vertical loads such as traffic loads but less effective to handle pseudostatic earthquake loads.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kelongsoran, Analisis Balik, Full Displacement Column, Tanah Lunak, Landslide, Back Analysis, Soft Soil
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA455.S6 Soil (Materials of engineering and construction)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA660.C6 Columns
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA775 Foundations.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Firman Arifanto
Date Deposited: 06 Feb 2024 08:29
Last Modified: 06 Feb 2024 08:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/106280

Actions (login required)

View Item View Item