Model Pemanfaatan Game Theory dalam Optimalisasi Digital Marketing pada UMKM

Fauzanu, Hammam Al May (2024) Model Pemanfaatan Game Theory dalam Optimalisasi Digital Marketing pada UMKM. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6026221018-Master_Thesis.pdf] Text
6026221018-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 July 2026.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Proses digitalisasi yang semakin berkembang memicu hadirnya berbagai inovasi dan layanan bisnis digital. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan bisnis yang turut terdampak dan melakukan pemasaran secara online. Penelitian menunjukkan bahwa UMKM berperan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan penciptaan lapangan kerja. Salah satu sarana yang dapat dimanfaatkan UMKM untuk memasarkan produknya adalah media sosial. Terdapat beragam metode pemanfaatan media sosial yang dapat dilakukan UMKM untuk melakukan pemasaran. Hingga saat ini, penelitian mengenai pemasaran digital pada UMKM cenderung berfokus pada kajian secara umum maupun manfaat dan tantangan yang dihadapi. Oleh karena itu, perlu diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan strategi pemanfaatan media sosial yang sesuai guna memastikan UMKM memperoleh hasil terbaik. Dalam mencapai tujuan tersebut, telah dilakukan wawancara kepada lima UMKM yang selanjutnya dibuat pemodelan berbasis teori permainan konvensional dan evolutionary game theory (EGT). Hasil dari pemodelan tersebut berupa analisis strategi dengan dampak negatif terendah yang dapat dipilih UMKM dalam pemanfaatan media sosial sebagai rekomendasi yang bermanfaat bagi UMKM. Diketahui bahwa strategi posting konten tanpa promosi berbayar memiliki dampak negatif terendah dengan mempertimbangkan kecukupan sumber daya UMKM dan hasil yang diperoleh. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi praktis kepada UMKM maupun teoritis sebagai sumber referensi khususnya teori permainan dalam pemasaran digital.
====================================================================================================================================
Digitalization process keeps evolving to create new digital business services and innovations. Small and Medium Enterprises (SMEs) have also affected and are now doing their marketing activities through online. Research shows that SMEs contribute significantly to the national economic growth and workforce generation. One method for SMEs to promote their products is with the utilization of social media. There is various choice of methods on how SMEs utilize their social media for promotion. Until now, researches regarding digital marketing of SMEs are rather focused on generally exploring activities within it and identifying its possible benefits and challenges. Therefore, it is needed to investigate the factors influencing optimal strategy selection for SMEs to perform social media marketing, to ensure the best possible outcome to be attainable. In order to achieve the research purpose, interviews were conducted with five SMEs as a basis to construct mathematical model with the basis of game theory method. The results are strategy analysis with the lowest negative impact that can be chosen by SMEs to perform digital marketing through social media, and recommendation of digital marketing strategies for SMEs. It is known from this research that content posting strategy without the use of paid promotion can achieve minimum negative impact by considering SMEs resource adequacy and possible attainable results. This research is expected to provide both practical contribution to SMEs as well as theoretical contribution to the body of knowledge, especially regarding game theory for digital marketing.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran digital, teori permainan, investasi teknologi informasi, usaha mikro kecil dan menengah; Digital marketing, game theory, IT investment, small and medium enterprises
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 59101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Hammam Al May Fauzanu
Date Deposited: 07 Feb 2024 01:14
Last Modified: 07 Feb 2024 01:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/106314

Actions (login required)

View Item View Item