Implementasi API Backend myITS Logistics menggunakan Clean Architecture dan Domain-Driven Design (DDD)

Maulana, Danial Farros (2024) Implementasi API Backend myITS Logistics menggunakan Clean Architecture dan Domain-Driven Design (DDD). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5025201004-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5025201004-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Logistik merupakan elemen pendukung organisasi maupun perusahaan. Kebutuhan logistik meliputi pengelolaan, penyimpanan dan pemindahan kebutuhan logistik dari pemasok kepada user. Institut Sepuluh Nopember (ITS) sebagai salah satu perguruan tinggi terbesar di wilayah Jawa Timur dengan 22.000 mahasiswa yang dikategorikan dalam 7 fakultas dan 39 departemen dalam kesehariannya membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai dalam menjalankan proses bisnisnya. Dalam proses kerjanya setiap unit di ITS melakukan order kebutuhan barang melalui aplikasi web Odoo. Akan tetapi aplikasi web yang ada memiliki berbagai kekurangan dalam segi fungsionalitas, tidak memiliki tenaga ahli untuk melakukan pengembangan, standar autentikasiyang dimiliki Odoo tidak dapat diintegrasikan dengan standar autentikasi yang diterapkan myITS. Selain itu Oddo bersifat open source platform sehingga memiliki batasan penghambat untuk dilakukan pengembangan. Dengan masifnya permintaan kebutuhan logistik dan banyaknya unit yang harus dilayani. Perlu adanya pengembangan aplikasi yang lebih spesifik untuk menyelesaikan permasalahan yang lebih kompleks seperti manajemen gudang, pengadaan, dan hingga proses order. Pada penelitian Tugas Akhir ini akan dilakukan implementasi pembuatan backend myITS Logistics dengan clean architecture dan Domain-Driven Design (DDD). Pemilihan arsitektur dilakukan karena bersifat independen sehingga penerapan arsitektur yang digunakan memungkinkan aplikasi dapat dilakukan pembaharuan di kemudian hari. Sistem myITS Logistics yang telah dibuat akan melalui tahap evaluasi untuk setiap fungsionalita, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan utama. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan sebuah sistem backend myITS Logistics yang dapat berjalan sesuai dengan proses bisnisnya, terstruktur dan terkelola dengan baik, sehingga proses maintenance maupun pengembangan aplikasi dapat dilakukan secara cepat praktis dan efisien.
=================================================================================================================================
Logistics is a supporting element for organizations and companies. Logistics needs include managing, storing, and transferring logistics requirements from suppliers to users. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), as one of the largest universities in East Java with 22,000 students categorized into 7 faculties and 39 departments, requires adequate facilities and infrastructure to carry out its business processes. In their daily operations, each unit at ITS places orders for goods through the Odoo web application. However, the existing web application has various limitations in terms of functionality, lacks expert resources for development, and the authentication standard of Odoo cannot be integrated with the authentication standard implemented by myITS. Additionally, Odoo is an open-source platform that has limitations and constraints for further development. With the massive demand for logistics needs and the numerous units that need to be served, there is a need for a more specific application development to address more complex issues such as warehouse management, procurement, and order processes. This final project research will focus on implementing the development of the backend of myITS Logistics using clean architecture and Domain-Driven Design (DDD). The chosen architecture is independent, allowing for future updates and improvements to the application.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Logistik, Clean Architecture, Domain-Driven Design (DDD)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Danial Farros Maulana
Date Deposited: 07 Feb 2024 05:29
Last Modified: 07 Feb 2024 05:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/106351

Actions (login required)

View Item View Item