Evaluasi Pengalaman Pengguna Website Responsif Beyondsultra

Nuzry, Kartini Aprilia Pratiwi (2024) Evaluasi Pengalaman Pengguna Website Responsif Beyondsultra. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032202158-Master_Thesis.pdf] Text
6032202158-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pariwisata adalah sektor yang penting dalam ekonomi suatu daerah dan penggunaan teknologi digital dalam industri pariwisata semakin meningkat. Responsivitas sebuah website pariwisata menjadi faktor kunci yang mempengaruhi persepsi dan pengalaman pengguna terhadap website Beyondsultra. Beyondsultra adalah sebuah website Pariwisata Sulawesi Tenggara yang dimiliki oleh Perumda Kota Kendari. Tujuan penelitian adalah dapat mengidentifikasi responsivitas website Beyondsultra dalam mempengaruhi persepsi pengguna terhadap kualitas pengalaman pengguna dan mendapatkan rekomendasi perbaikan yang tepat untuk perusahaan dalam meningkatkan kepuasan pengguna website Beyondsultra. Responden penelitian ini diperoleh dari mixed method data kuantitatif dengan teknik purposive sampling yaitu wisatawan potensial dan pengguna aktif website Beyondsultra dan data kualitatif dengan teknik cooperative evaluation yaitu wawancara diskusi dengan pengguna pada setiap fitur yang sudah dijalankan. Evaluasi pengalaman pengguna menggunakan metode User Eperience Questionnaire (UEQ) dan System Usability Score (SUS) menunjukan bahwa kepuasan pengguna masih ada yang berada dibawah skor rata-rata (Above Average) sehingga dilakukan evaluasi kembali untuk menentukan lebih dalam masalah yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukan kepuasan pengguna website Beyondsultra pada metode UEQ mengalami peningkatan dengan 5 skala yaitu daya tarik, kejelasan, efisiensi, stimulasi dan kebaruan masing-masing mengalami peningkatan skor 68%, 93%, 91%, 100% dan 63% dari kategori Above (Bawah Rata-Rata) menjadi Excellent (Sangat Baik) sedangkan 1 skala yaitu ketepatan mendapatkan hasil yang sama dengan sebelum di evaluasi, pada metode SUS skor rata-rata penilaian mengalami peningkatan 15% dari Good (Baik) menjadi Excellent (Sangat Baik).
=================================================================================================================================
Tourism is a crucial sector in the economy of a region, and the use of digital technology in the tourism industry is steadily increasing. The responsiveness of a tourism website is a key factor influencing users' perceptions and experiences with the Beyondsultra website. Beyondsultra is a tourism website for Southeast Sulawesi created by the City of Kendari Regional-Owned Enterprise. The research aims to identify the responsiveness of the Beyondsultra website in influencing user perceptions of the quality of their user experience and to provide appropriate recommendations for the company to enhance user satisfaction with the Beyondsultra website. The selected respondents for the study are potential tourists and active users of the Beyondsultra website. Based on data obtained from user satisfaction observations while interacting with the Beyondsultra website using the User Experience Questionnaire (UEQ) and System Usability Scale (SUS) methods, above-average results were obtained for UEQ. Subsequently, a reevaluation was conducted to delve deeper into the issues faced by users, utilizing Cooperative Evaluation techniques. The research findings indicate an improvement in user satisfaction with the Beyondsultra website using the UEQ method, with a 68% increase in attractiveness, 93% in clarity, 91% in efficiency, 100% in stimulation, and 63% in novelty. However, one aspect, precision, remained unchanged after evaluation. In the SUS method, the average assessment score showed a 15% improvement.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Responsivitas website, pariwisata, Beyondsultra, Kepuasan Pengguna, Website Responsiveness, UX Evaluation, Tourism, Beyondsultra, User Satisfaction
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Kartini Aprilia Pratiwi Nuzry
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:20
Last Modified: 07 Feb 2024 02:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/106394

Actions (login required)

View Item View Item