Perhitungan Harga Opsi Basket dengan Menyertakan Faktor Korelasi Menggunakan Metode Homotopi Perturbasi

Pratiwi, Ni Made Dinda (2024) Perhitungan Harga Opsi Basket dengan Menyertakan Faktor Korelasi Menggunakan Metode Homotopi Perturbasi. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6002211001-Master_Thesis.pdf] Text
6002211001-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 2 February 2026.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Opsi basket merupakan salah satu contoh opsi yang mendapatkan perhatian dari investor karena kemampuannya dalam mendiversifikasi portofolio. Kompleksitas dari opsi basket muncul akibat adanya korelasi antara aset dasar, di mana besar kecilnya korelasi akan memengaruhi harga opsi multi-asetnya. Selain itu, korelasi antar aset ini dapat memberikan gambaran tentang apa yang terjadi dengan satu aset pada saat aset lainnya bergerak ke arah tertentu. Hal ini menyebabkan penetapan harga dan penilaian risiko menjadi lebih rumit dibandingkan dengan opsi dengan aset tunggal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan harga opsi basket pada aset-aset yang saling berkorelasi. Metode yang digunakan untuk mendapatkan solusi semi-analitik opsi basket adalah metode homotopi perturbasi. Penelitian ini diawali dengan mengkonstruksi model opsi basket dengan menyertakan faktor korelasi dengan persamaan diferensial Black-Scholes dua aset sebagai dasarnya dan ditransformasi menjadi opsi basket aset tunggal. Setelah itu, pada persamaan tersebut diaplikasikan transformasi untuk menghilangkan titik tidak mulus. Kemudian dengan menggunakan metode homotopi perturbasi, diperoleh mendapatkan solusi pendekatan analitik harga opsi basket dengan menyertakan faktor korelasi di mana solusi nya berupa persamaan deret. Berdasarkan solusi yang diperoleh, dilakukan simulasi harga opsi basket terhadap parameter volatilitas, tingkat suku bunga, serta nilai dan arah korelasi. Untuk parameter tingkat suku bunga, opsi beli basket memiliki hubungan yang berbanding lurus dengan tingkat suku bunga. Namun, untuk opsi jual, tingkat suku bunga memiliki hubungan yang berbanding terbalik dengan harganya. Parameter volatilitas, nilai dan arah korelasi menunjukkan hubungan yang berbanding lurus terhadap harga opsi basket baik opsi jual maupun opsi beli. Selain itu, harga opsi beli dan opsi jual basket dengan menyertakan faktor korelasi menunjukkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga opsi saat faktor korelasi antar-asetnya bernilai nol.
==================================================================================================================================

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Metode homotopi perturbasi, Opsi Basket, opsi tipe Eropa, Basket Option, Correlation, European Option, Homotopy Perturbation Method.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA401 Mathematical models.
Divisions: Faculty of Mathematics, Computation, and Data Science > Mathematics > 44101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Ni Made Dinda Pratiwi
Date Deposited: 12 Feb 2024 00:38
Last Modified: 12 Feb 2024 00:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/106409

Actions (login required)

View Item View Item