Desain dan Evaluasi Pengalaman Pengguna Dosen dan Tenaga Kependidikan pada Aplikasi Web myITS Thesis

Febriana, Nadia Tiara (2024) Desain dan Evaluasi Pengalaman Pengguna Dosen dan Tenaga Kependidikan pada Aplikasi Web myITS Thesis. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111940000217-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05111940000217-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (41MB) | Request a copy

Abstract

Dalam lingkungan pendidikan, pada kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), penggunaan aplikasi web telah menjadi penting. Seiring dengan beragamnya perangkat yang digunakan terutama oleh mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan untuk mengakses informasi dan menjalankan tugas akademik, kebutuhan akan aplikasi web yang responsif semakin mendesak. Dengan kemajuan teknologi yang semakin maju, ITS mengembangkan sebuah sistem yang dapat memfasilitasi mahasiswa terkait dengan tugas akhir. Tidak hanya memfasilitasi mahasiswa dalam mengelola dan melaksanakan langkah-langkah terkait tugas akhir mereka, tetapi juga berfungsi sebagai sistem yang membantu dosen-dosen dalam memberikan bimbingan serta panduan yang diperlukan oleh mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir mereka dengan sukses. Oleh karena itu, sebuah sistem bernama myITS Thesis dikembangkan guna memfasilitasi seluruh aktivitas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghadirkan perubahan yang signifikan dalam aplikasi web myITS Thesis dengan memprioritaskan efisiensi, efektivitas, serta pemahaman dan kepuasan pengguna. Fokus utama adalah meningkatkan desain pengalaman pengguna aplikasi, dengan penekanan pada kebutuhan dosen dan tenaga kependidikan ITS. Metode User-Centered Design dipilih sebagai pendekatan utama, memastikan bahwa pengguna menjadi pusat perhatian dalam pengembangan aplikasi ini. Dengan demikian, aplikasi yang akan dihasilkan diharapkan mampu memenuhi secara optimal kebutuhan dan harapan pengguna, membantu meningkatkan efisiensi dalam penggunaan, serta memberikan pengalaman yang lebih memuaskan dan intuitif bagi seluruh pengguna yang memanfaatkannya. Hasil dari penelitian ini akan berupa aplikasi web yang dapat diakses dan berjalan pada perangkat komputer. Proses desain aplikasi web ini akan mengandalkan software Figma sebagai prototipe berfidelitas sedang dan tinggi.
=================================================================================================================================
In the educational environment, on the Sepuluh Nopember Institute of Technology (ITS) campus, the use of web applications has become important. Along with the variety of devices used, especially by students, lecturers and education staff to access information and carry out academic tasks, the need for responsive web applications is increasingly urgent. With increasingly advanced technological advances, ITS has developed a system that can facilitate students regarding their final assignments. Not only does it facilitate students in managing and carrying out steps related to their final assignments, but also functions as a system that assists lecturers in providing guidance and guidance needed by students in completing their final assignments successfully. Therefore, a system called myITS Thesis was developed to facilitate all these activities. This research aims to bring about significant changes in the myITS Thesis web application by prioritizing efficiency, effectiveness, as well as user understanding and satisfaction. The main focus is improving the application user experience design, with an emphasis on the needs of ITS lecturers and education staff. The User-Centered Design method was chosen as the main approach, ensuring that the user is the center of attention in the development of this application. In this way, the resulting application is expected to be able to optimally meet user needs and expectations, help increase efficiency in use, and provide a more satisfying and intuitive experience for all users who use it. The results of this research will be a web application that can be accessed and runs on computer devices. This web application design process will rely on Figma software as a medium and high fidelity prototype.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: myITS Thesis, User-Centered Design, Usability Testing, Heuristic Evaluation, Figma.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nadia Tiara Febriana
Date Deposited: 09 Feb 2024 08:31
Last Modified: 09 Feb 2024 08:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/106477

Actions (login required)

View Item View Item