Pemodelan Hubungan Kualitas Sistem Informasi terhadap Penggunaan Dashboard Proteksi PLN UID Bali Menggunakan SEM-PLS

Nugraha, Bima Cahya (2024) Pemodelan Hubungan Kualitas Sistem Informasi terhadap Penggunaan Dashboard Proteksi PLN UID Bali Menggunakan SEM-PLS. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032211160-Master_Thesis.pdf] Text
6032211160-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Transformasi digital terhadap pemantauan kinerja gangguan jalur distribusi listrik diperlukan dalam upaya meningkatkan keandalan distribusi listrik oleh PLN. Dashboard Proteksi merupakan inovasi yang dilakukan PLN UID Bali untuk mengganti metode pelaporan sebelumnya yang masih manual. Setelah implementasi dari Dashboard Proteksi PLN UID Bali menunjukan kinerja yang membaik dilihat dari jumlah gangguan dari tahun ke tahun yang terus menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap penggunaan Dashboard Proteksi yang berdampak pada manfaat organisasi maupun individu. Pengukuran mengadopsi teori Information System Success Model dengan variabel kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, niat penggunaan, kepuasan pengguna dan manfaat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode SEM-PLS sebagai analisis statistiknya untuk mengukur hubungan antar variabel dan memprediksi faktor yang berpengaruh. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria sampel Pegawai PLN UID Bali yang pernah menggunakan Dashboard Proteksi sebagai salah satu perangkat kerjaannya.
Hasil penilitian bahwa tidak adanya pengaruh langsung kualitas service layanan dari Tim IT terhadap niat penggunaan maupun kepuasan pengguna hal ini menunjukan tidak adanya ekspetasi pengguna terhadap layanan dari Tim IT terhadap permasalahan dalam penggunaan Dashboard Proteksi. Kualitas informasi berpengaruh langsung terhadap kepuasan pengguna, dan berpengaruh terhadap niat penggunaan melaui mediasi kepuasan pengguna, hal ini menunjukan ekspetasi penyajian informasi sesuai dengan kebutuhan dari pengguna akan dapat meningkatkan keinginan dan ketergantungan dalam pemakaian Dashboard Proteksi. Kualitas sistem berpengaruh langsung terhadap kepuasan pengguna dan niat penggunaan, hal ini menunjukan kecepatan dan kemudahan yang ada pada sistem Dashboard Proteksi berpengaruh pada tingkat penggunaaanya. Hasil penelitian juga menunjukan kepuasan penggunaan dan niat penggunaan berpengaruh langsung terhadap dampak manfaat, hal tersebut menunjukan Dashoboard Proteksi dapat memenuhi ekspetasi pengguna dan dapat memberikan dampak pada organisasi maupun individu.
=============================================================================================================================
A digital transformation towards monitoring power distribution interference performance is needed in an effort to improve the reliability of PLN's power delivery. Dashboard Protection is an innovation made by PLN UID Bali to replace previous reporting methods that were still manual. After the implementation of the PLN Dashboard Protection, Bali UID demonstrated improved performance seen from the number of interruptions from year to year that continued to decrease. The study aims to measure the impact of system quality, information quality, and service quality on the use of protection dashboards that impact on the benefit of both organizations and individuals. The measurement adopts the theory of information system success model with variables of quality of the system, quality of information, service quality, intention of use, user satisfaction and benefits. This is quantitative research using the SEM-PLS method as statistical analysis to measure the relationship between variables and predict influencing factors. This research uses a purposive sampling technique, with the sample criteria being PLN UID Bali employees who have used the Protection Dashboard as one of their working tools. The research results show that there is no direct influence on service quality from the IT team on usage intentions or user satisfaction. This shows that there is no user expectation of services from the IT team for problems with using the Protection Dashboard. The quality of information has a direct influence on user satisfaction and influences intention to use through the mediation of user satisfaction. This shows that the expectation of presenting information according to user needs will be able to increase desire and dependence for using the Protection Dashboard. System quality has a direct influence on user satisfaction and intention to use; this shows that the speed and convenience of the Protection Dashboard system have an influence on the level of use. The research results also show that satisfaction with use and intention to use have a direct influence on the impact of benefits. This shows that the Protection Dashboard can meet user expectations and can have an impact on organizations and individuals.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Penggunaan, Manfaat, ISSM, SEM-PLS, Quality, Use, Benefits
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Bima Cahya Nugraha
Date Deposited: 10 Feb 2024 00:26
Last Modified: 10 Feb 2024 00:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/106673

Actions (login required)

View Item View Item