Data Analitik Dalam Pemeriksaan Kinerja Dengan Pendekatan Metode Structural Equation Modelling Studi Kasus: Tematik Kesiapan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Selama Masa Pandemi Covid-19

Aini, Eri Khusnul (2024) Data Analitik Dalam Pemeriksaan Kinerja Dengan Pendekatan Metode Structural Equation Modelling Studi Kasus: Tematik Kesiapan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Selama Masa Pandemi Covid-19. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211950095007-Master_Thesis.pdf] Text
09211950095007-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan alat berbasis teknologi, seperti ERP, cloud, Internet of Things (IoT) yang cukup pesat, membuat profesi auditor harus melakukan perubahan untuk mengembangkan strategi dalam pengambilan keputusan dengan lebih cepat dan lebih baik. BPK, sebagai lembaga negara yang berfungsi sebagai auditor eksternal atas pertanggungjawaban keuangan negara, diharapkan dapat memberikan foresight atas program dan kebijakan yang telah dilakukan oleh pemerintah, sehingga rekomendasi yang diberikan menjadi praktik-praktik terbaik. BPK dan profesi auditor perlu mengembangkan dan mengintegrasikan data dari alat berbasis teknologi dengan Big Data dan Audit Data Analitik, sebagai prosedur analitik sesuai standar audit yang berlaku umum, untuk dapat mengatasi keterbatasan sumber daya pemeriksaan. Selain itu, hasil analisa yang diperoleh dari analitik data diharapkan dapat digunakan sebagai bukti audit, sehingga hasil audit menjadi handal dan bermanfaat bagi entitas. Metode Structural Equation Modelling (SEM) digunakan dalam pemeriksaan kinerja tematik, untuk mengetahui faktor signifikan yang berpengaruh terhadap kesiapan pendidik dan tenaga kependidikan selama masa pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk penentuan bobot kriteria, sehingga model SEM dapat mendukung pelaksanaan pemeriksaan kinerja. Hasil pengujian dan analisa model dengan menggunakan AMOS, diketahui bahwa empat faktor yang memengaruhi tingkat kesiapan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) dalam pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 yaitu penyediaan pelatihan bagi PTK, penyesuaian kurikulum bagi PTK, rekomendasi yang diberikan Kemendikbud atas kendala yang dihadapi PTK, dan bantuan pendanaan bagi PTK untuk melaksanakan pembelajaran PJJ. Dari keempat faktor tersebut, penyediaan pelatihan bagi PTK menjadi faktor penting untuk mencapai efektifitas penyiapan PTK selama pembelajaran di masa pandemi Covid-19.
=================================================================================================================================
The rapid use of technology-based tools, such as ERP, cloud, and Internet of Things (IoT), means that the auditor profession must make changes to develop strategies for making decisions faster and better. BPK, as an external auditor for state financial accountability, is expected to provide foresight on government programs and policies so that the recommendations provided become best practices. BPK and the auditor profession need to develop and integrate data from technology-based tools with Big Data and Audit Data Analytic, as analytical procedures by generally accepted audit standards, to be able to overcome limited audit resources. In addition, the analysis results obtained from data analytics can be used as audit evidence so that the audit results become reliable and helpful for the entity. The Structural Equation Modeling (SEM) method is used in performance audits, to determine significant factors that influence the readiness of educators and education staff during the Covid-19 pandemic. The results of this research are expected to be used to determine criteria weights, so that the SEM model can support the implementation of performance audits. From the results of testing and analysis of the model using AMOS, it is known that four factors influence the level of readiness of Educators and Education Personnel (PTK) in learning during the Covid-19 pandemic, namely the provision of training for PTK, curriculum adjustments for PTK, recommendations given by the Ministry of Education and Culture regarding obstacles encountered which faced by PTK, and funding assistance for PTK to carry out PJJ learning. Of these four factors, providing training for PTK is important in achieving effective PTK preparation during learning during the COVID-19 pandemic.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Audit Data Analitik, Covid-19, pemeriksaan kinerja, Structural Equation Modelling, pendidikan jarak jauh, Audit Data Analytic, Performance audit, distance education
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Eri Khusnul Aini
Date Deposited: 10 Feb 2024 04:11
Last Modified: 10 Feb 2024 04:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/106770

Actions (login required)

View Item View Item