ANALISIS RISIKO SOSIAL PADA TERMINAL PENERIMA LNG PESANGGARAN DENGAN METODE FIRE AND EXPLOSION MODELING Case Study : Terminal Penerima LNG Pesanggaran

ALIYAH, YOLANDA FIJANATIN (2014) ANALISIS RISIKO SOSIAL PADA TERMINAL PENERIMA LNG PESANGGARAN DENGAN METODE FIRE AND EXPLOSION MODELING Case Study : Terminal Penerima LNG Pesanggaran. Undergraduate thesis, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

[img] Text
4210100061-undergraduate thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan energi dunia terus mengalami peningkatan. Menurut proyeksi Badan Energi Dunia (International Energy Agency – IEA), hingga tahun 2030 permintaan energi dunia meningkat sebesar 45% atau rata – rata mengalami peningkatan sebesar 1,6% per tahun. Sekitar 80% kebutuhan energi dunia tersebut dipasok dari bahan bakar fosil. Dalam pengoperasian terminal penerima ini, tentunya mimiliki bahaya yang mungkin terjadi yang disebabkan oleh kegagalan dari peralatan masingmasing sistem. Maka dari itu perlunya dilakukan analisis risiko untuk menanggulangi bahaya yang mungkin terjadi. Dalam pengerjaan Tugas Akhir ini akan dilakukan 3 (tiga) kajian analisis risiko. Lingkup analisis risiko yang pertama ialah penilaian risiko pada terminal penerima, lingkup analisis risiko yang kedua ialah jalur pipa gas onshore dari terminalpenerima menuju PLTG Pesanggaran sepanjang 2190 meter dan analisis ketiga ialah perhitungan Alur Pelabuhan. Lingkup analisis risiko yang pertama dan kedua mengenai bahaya kebakaran yang mungkin terjadi pada proses pemuatan LNG menuju terminal penerima dan jalur pipa gas berupa jet fire, gas dispersion, dan flash fire. Untuk melakukan hazard identification menggunakan metode HAZOP. Initiating event pada masing – masing komponen diperoleh dari OREDA, DNV Failure Frequency Technique dan EGIG Database. Dari data tersebut digunakan Fault Tree Analysis dan Event Tree Analysis sehingga diperoleh frekuensi masing – masing skenario. Untuk analisis konsekuensi digunakan fire modeling dari pemodelan software. Hasil frekuensi dan konsekuensi akan di representasikan kedalam f-N Curve standart UK HSE. Untuk lingkup analisis yang ketiga ialah perhitungan Alur pelabuhan berdasarkan rumus dalam sebuah referensi. Hasil dari analisis lingkup pertama diperoleh hasil bahwa scenario yang terjadi adalah jet fire. Skenario yang terjadi pada jalur pipa gas adalah jet fire, flash fire hanya pada segmen pipa II dan gas dispersion. Semua scenario berada pada daerah acceptable. Sehingga, tidak membutuhkan mitigasi. Hasil dari perhitungan alur pelabuhan adalah perlu dilakukan pemindahan lokasi manuver kapal untuk menjamin keamanan dan keselamatan barge dan operational LNG.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 627.31 Ali a
Uncontrolled Keywords: Analisis Risiko, Fire Modeling, F-N Curve,
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Ansi Aflacha
Date Deposited: 19 Dec 2016 02:36
Last Modified: 19 Dec 2016 02:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1068

Actions (login required)

View Item View Item