RUMUSAN REKOMENDASI PERBAIKAN USER INTERFACE (UI) PADA APLIKASI NEW PLN MOBILE MENGGUNAKAN PENDEKATAN IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN HEURISTIC EVALUATION

Cahyo Prasetyo, Tito (2024) RUMUSAN REKOMENDASI PERBAIKAN USER INTERFACE (UI) PADA APLIKASI NEW PLN MOBILE MENGGUNAKAN PENDEKATAN IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN HEURISTIC EVALUATION. Masters thesis, ITS.

[thumbnail of Thesis - Paska Sidang - Tito Cahyo Prasetyo 6032211174 - Tabel Edited - New.pdf] Text
Thesis - Paska Sidang - Tito Cahyo Prasetyo 6032211174 - Tabel Edited - New.pdf
Restricted to Registered users only until 1 April 2026.

Download (24MB)

Abstract

Listrik merupakan kebutuhan utama dalam menunjang kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat suatu daerah, sehingga PT PLN (Persero) sebagai salah satu penyedia layanan kelistrikan selalu berusaha memberikan layanan terbaiknya. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan layanan kelistrikannya, PT PLN (Persero) menghadirkan sebuah aplikasi bernama New PLN Mobile sebagai salah satu pintu akses layanan. PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Maluku Maluku Utara (MMU) sebagai salah satu unit yang memiliki fungsi pelayanan pelanggan juga menerapkan aplikasi tersebut guna meningkatkan kualitas layanan dan mengganti permohonan layanan secara konvensional (datang ke kantor PLN terdekat) ke layanan daring (online).
Namun, data yang didapatkan dari bidang Customer Experience menunjukkan bahwa 5 layanan utama pada Aplikasi New PLN Mobile, yaitu : Layanan Gangguan, Penyampaian Keluhan, Pembayaran Rekening atau Pembelian Token, Permohonan Pasang Baru (PB) dan Permohonan Tambah Daya (PD), hanya dua layanan saja (PB dan PD) yang meningkat signifikan dalam jangka waktu Januari-September 2022. Hal ini diperkuat dengan hasil kegiatan pra-penelitian yang menerapkan pendekatan End User Customer Satisfaction (EUCS) untuk menilai Aplikasi New PLN Mobile menunjukkan nilai yang belum memuaskan. Bahkan dari 5 dimensi EUCS, 2 dimensi diantaranya yaitu dimensi Easy of Use (E) dan Format (F) memiliki nilai dibawah 80%. Kondisi ini menunjukkan perlu dilakukan perbaikan pada dimensi E dan F yang berkaitan dengan User Interface Aplikasi New PLN Mobile. Untuk mengoptimalkan sumber daya dalam perbaikan aplikasi, penulis menerapkan metode Importance-Performance Analysis (IPA) dan Heuristic Evaluation (HE). Hasil dari IPA menunjukkan bahwa, pada Kuadran I yang menjadi fokus perbaikan terdapat variabel 'tampilan menarik' (KK5). Selain itu, 3 fitur diantaranya perlu perbaikan 'desain yang sesuai' (KK6) dan 2 fitur diantaranya perlu perbaikan 'pengalaman positif' (KK7). Sedangkan untuk hasil HE, variabel 'tampilan menu yang jelas' (H72) dan 'tampilan desain yang interaktif' (H84) memiliki severity rating > 3 atau major usability problem. Berdasarkan dua pendekatan tersebut, maka diberikan saran perbaikan UI yang mengacu pada tampilan dan desain, serta menambah pengalaman positif bagi pengguna aplikasi. Setelah saran perbaikan UI tersebut dilakukan penilaian ulang menggunakan HE, menunjukkan bahwa severity rating turun dari major ke minor usability problem (katerogi 3 turun ke kategori 2). Kondisi ini memberikan arti bahwa saran UI yang diberikan sudah dapat menyelesaikan masalah tampilan dan desain pada aplikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing
T Technology > T Technology (General) > T57.84 Heuristic algorithms.
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Tito Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 12 Feb 2024 15:26
Last Modified: 12 Feb 2024 15:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/106824

Actions (login required)

View Item View Item