Pengembangan Alat Penilaian Kesiapan Lean 4.0

Rahmatindar, Princesia Olivia Prelita (2024) Pengembangan Alat Penilaian Kesiapan Lean 4.0. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6010221045-Master_Thesis.pdf] Text
6010221045-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Konsep sustainable development fokus pada penggunaan sumber daya yang efisien dan meminimalkan pemborosan (waste) sejalan dengan konsep lean yang menjadi dasar dalam penerapan Industri 4.0. Ketika teknologi Industri 4.0 diterapkan pada proses yang tidak efisien, maka pemborosan tersebut dapat diamplifikasi. Kombinasi sinergis antara lean manufacturing dan Industri 4.0 yaitu Lean 4.0, merupakan kerangka kerja yang kokoh untuk mengatasi tantangan masa depan dengan meningkatkan efisiensi, fleksibilitas, dan kualitas produksi.Tahap awal untuk menuju dari lean ke Industri 4.0 yaitu mengevaluasi kematangan penerapan lean dan kesiapan penerapan Industri 4.0. Pada tahap ini belum terdapat alat penilaian terkait Lean 4.0 yang menggabungkan pengukuran kesiapan lean dan Industri 4.0, sehingga mendorong penelitian ini untuk menyesuaikan alat yang sudah ada. Dengan menggunakan INDI 4.0 sebagai model acuan untuk kesiapan Industri 4.0 di perusahaan-perusahaan Indonesia, penelitian ini mengusulkan modifikasi untuk menciptakan Lean 4.0 readiness assessment tool, yang mencakup indikator untuk kesiapan lean dan Industri 4.0. Penelitian ini menggunakan Metode Delphi untuk validasi indikator dan AHP untuk pembobotan, sehingga mengusulkan 5 dimensi dan 69 indikator. Lean 4.0 readiness assessment tool yang diterapkan pada industri multinasional, menggunakan radar chart untuk menggambarkan tingkat kesiapan di berbagai dimensi dan perhitungan untuk mendapatkan nilai tunggal untuk tingkat kesiapan Lean 4.0. Nilai tunggal pada studi kasus perusahaan manufaktur cairan infus tersebut memperoleh nilai 3 yang menandakan bahwa perusahaan berada dalam tahap matang menerapkan Lean 4.0.
=================================================================================================================================
The concept of sustainable development focuses on efficient resource utilization and waste minimization, aligning with lean principles that form the foundation for implementing Industry 4.0. The combination of lean and Industry 4.0, known as Lean 4.0, provides a robust framework to address future challenges by enhancing efficiency, flexibility, and production quality. The initial step toward Industry 4.0 involves evaluating the maturity of lean implementation and readiness for Industry 4.0. However, there is a lack of a unified assessment tool for Lean 4.0, prompting this study to adapt existing tools. Utilizing INDI 4.0 as a reference model for Industry 4.0 readiness in Indonesian companies, the research proposes modifications to create the Lean 4.0 Readiness Assessment Tool, incorporating indicators for both lean and Industry 4.0 readiness. The study employs the Delphi Method for indicator validation, AHP for weighting, proposing five dimensions and 69 indicators. The proposed Lean 4.0 Assessment Tool is applied to a multinational industry, using radar charts to depict readiness levels across dimensions and calculations for a single value readiness level of Lean 4.0. The single value in the case study of the infusion fluid manufacturing company obtained a score of 3, indicating that the company is in a mature stage of implementing Lean 4.0.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Industri 4.0, Lean, Lean 4.0, Readiness Assessment Tool, Sustainable Development, Industry 4.0
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS183 Manufacturing processes. Lean manufacturing.
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Princesia Olivia Prelita Rahmatindar
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:55
Last Modified: 12 Feb 2024 03:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/106838

Actions (login required)

View Item View Item