PENENTUAN SAFETY INTEGRITY LEVEL (SIL) BERDASARKAN STANDAR INTERNATIONAL ELECTROTECHNICAL COMMISION (IEC) 61511 METODE LAYER OF PROTECTION ANALYSIS (LOPA) STUDI KASUS : LOADING UNIT DAN FLOATING STORAGE UNIT (FSU) DI CELUKAN BAWANG SERTA FASILITAS PENERIMA LNG DI PLTG GILIMANUK, BALI

INTAN, ADITYA MARDIKA S. (2014) PENENTUAN SAFETY INTEGRITY LEVEL (SIL) BERDASARKAN STANDAR INTERNATIONAL ELECTROTECHNICAL COMMISION (IEC) 61511 METODE LAYER OF PROTECTION ANALYSIS (LOPA) STUDI KASUS : LOADING UNIT DAN FLOATING STORAGE UNIT (FSU) DI CELUKAN BAWANG SERTA FASILITAS PENERIMA LNG DI PLTG GILIMANUK, BALI. Undergraduate thesis, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

[img] Text
4210100074-undergraduate thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sampai saat ini, pasokan listrik dari Pulau Jawa masih dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan listrik di Bali. Hal itu dikarenakan pembangkit listrik di Bali masih kurang dalam memenuhinya. Untuk mengatasi masalah tersebut, Pembangkit Listrik Negara (PLN) berencana untuk mengoperasikan sebuah terminal penerima LNG di daerah Celukan Bawang dan akan didistribusikan ke ketiga pembangkit yaitu Gilimanuk, Pemaron, dan Pesanggaran. Kapasitas dari masing- masing pembangkit tersebut yaitu 133 MW, 97 MW, dan 200 MW. Terminal penerima LNG akan menerima LNG dari Tangguh atau daerah lain yang akan diangkut menggunakan LNG tanker. Dari LNG tanker, LNG akan dipindahkan ke FSU dan terakhir LNG akan dipindahkan menuju ke fasilitas penerima di darat melalui pipa cryogenic. Dalam proses tersebut, perlu dilakukan pengukuran tingkat safety untuk mencegah bahaya yang mungkn terjadi. Skripsi ini membahas tentang pengkajian risiko untuk mengukur apakah tingkat risiko dapat diterima atau tidak, jika tingkat risiko tidak dapat diterima maka harus dilakukan mitigasi yaitu dengan metode LOPA. Sistem safety yang dapat ditambahkan untuk mencapai nilai performa SIL yang diharapkan yaitu penambahan Safety Instrument System (SIS) atau Independent Protection Layer (IPL). Dari hasil analisis maka didapatkan bahwa sistem loading arm, FSU, dan terminal penerima LNG masuk kategori SIL 2 sesuai dengan target SIL yang merujuk pada implementasi SIL 2 pada Terminal Liquifaksi dan Regasifikasi LNG Qatargas UK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 658.155 Int p
Uncontrolled Keywords: FSU, IPL, LOPA, SIL, SIS.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Ansi Aflacha
Date Deposited: 19 Dec 2016 02:38
Last Modified: 19 Dec 2016 02:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1069

Actions (login required)

View Item View Item