Proses Produksi Part dengan menggunakan Proses Die Casting dan Analisis Jig pada Mesin Cutting KXX terhadap Pengaruh Barang Reject Di PT. XYZ, Pegangsaan Dki Jakarta

Fandhika, Muhammad Daffa (2023) Proses Produksi Part dengan menggunakan Proses Die Casting dan Analisis Jig pada Mesin Cutting KXX terhadap Pengaruh Barang Reject Di PT. XYZ, Pegangsaan Dki Jakarta. Project Report. [s.n.], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 10211910000070-Project_Report.pdf] Text
10211910000070-Project_Report.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan tinggi pada dasarnya mengutamakan penyiapan lulusan dengan tenaga kerja terampil. Dimana hakikat pendidikan kejuruan harus cepat beradaptasi dengan perubahan. Pengangguran lulusan SMK merupakan hal yang harus diantisipasi oleh setiap lembaga pendidikan. Salah satu upaya untuk itu adalah harus ada relevansi antara pendidikan dengan kondisi dunia kerja yang terus mengalami perkembangan. Perguruan tinggi merupakan tempat yang dapat menghasilkan banyak sumber daya manusia yang berkualitas, berkepribadian mandiri, dan memiliki kemampuan intelektual yang baik. Berdasarkan hal tersebut, kami memilih PT XYZ, Jakarta Utara, DKI Jakarta untuk menjadi tempat magang industri kami yang merupakan perusahaan swasta di bidang manufaktur kendaraan bermotor. PT XYZ mengembangkan teknologi yang dapat memuaskan konsumen yaitu mesin yang bandel dan hemat bahan bakar, yang membuat PT XYZ sebagai pelopor kendaraan roda dua yang terjangkau. Pada produksi harian, terdapat sebuah target produksi, yaitu pembuatan part tertentu pada proses LPDC yang dimana membutuhkan 480 part dalam sehari, tetapi aktualnya tidak memenuhi, pada penelitian ini diambilah sample,sehingga menghasilkan rata-rata sekitar 12 % part mengalami reject, setelah di lakukan pengamatan, terbukti adanya permasalahan seperti pada mesin cutting, dimana dudukan mejanya bergetar ketika adanya proses pemotongan, lalu dudukan atau jig mesin cutting tidak rata, oleh karena itu penelitian ini akan merekomendasikan desain jig yang baru.
============================================================================================================================
Vocational education at the higher education level basically prioritizes preparing graduates with skilled workers. Where the essence of vocational education must quickly adapt to change. Unemployment of vocational school graduates is something that every educational institution must anticipate. One effort to do this is that there must be relevance between education and the conditions of the world of work which continue to develop. Higher education is a place that can produce a lot of quality human resources, with independent personalities and good intellectual abilities. Based on this, we chose PT PT XYZ develops technology that can satisfy consumers, namely reliable and fuel-efficient engines, which makes PT In daily production, there is a production target, namely the manufacture of certain parts in the LPDC process which requires 480 parts a day, but actually it is not met. In this study samples were taken, resulting in an average of around 12% of parts being rejected, after this was done. observations, it was proven that there were problems such as on the cutting machine, where the table stand vibrated during the cutting process, then the cutting machine stand or jig was not flat, therefore this research will recommend a new jig design.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Vokasi, Jig, Part, PT. XYZ, Vocation
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS253 Die-Casting
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: Muhammad Daffa Fandhika
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:03
Last Modified: 12 Feb 2024 02:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/106916

Actions (login required)

View Item View Item