Evaluasi Lokasi Fasilitas Moda Transportasi Umum Berdasarkan Centralitas Titik Pemberhentian pada Koridor Kertajaya-Its Kota Surabaya

Mahardika, Naufalga Yaqub (2024) Evaluasi Lokasi Fasilitas Moda Transportasi Umum Berdasarkan Centralitas Titik Pemberhentian pada Koridor Kertajaya-Its Kota Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08211940000048-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08211940000048-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 July 2026.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kota Surabaya, dengan kepadatan penduduk yang tinggi mencapai 8.831 jiwa/km dan populasi mencapai 2.987.863 jiwa, dihadapkan pada tantangan mobilitas yang signifikan. Jumlah kendaraan pribadi yang tinggi, mencapai 3.675.180 unit, terutama sepeda motor (2.935.311 unit) dan mobil pribadi (562.102 unit), mencerminkan kecenderungan masyarakat menggunakan transportasi pribadi. Penelitian ini berusaha untuk merespons dinamika ini dengan menggencarkan penggunaan transportasi umum. Fokus utama penelitian adalah evaluasi dan optimalisasi lokasi tempat pemberhentian, infrastruktur kunci yang menjadi jembatan antara pengguna dan sistem transportasi umum. Metode analisis centralitas, melalui penggunaan perangkat lunak Urban Network Analysis (UNA), menjadi landasan kajian dalam mengevaluasi sejauh mana cakupan halte saat ini di dalam wilayah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa area masih kekurangan akses ke halte yang memadai. Temuan ini mendorong perlunya pengembangan lebih lanjut dalam infrastruktur transportasi umum. Kesimpulan dari penelitian ini menjadi dasar bagi perencanaan strategis untuk menambahkan halte-halte baru yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tujuannya adalah mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi, memperbaiki mobilitas, dan meningkatkan keberlanjutan transportasi umum di Kota Surabaya. Sejalan dengan rekomendasi hasil penelitian, terdapat beberapa area dalam wilayah penelitian dengan kategori sedang dan tinggi yang mengindikasikan bahwa perlu dilakukan peningkatan dalam infrastruktur transportasi umum ini dapat menciptakan dampak positif terhadap perilaku mobilitas masyarakat dan memberikan kontribusi terhadap pengurangan kemacetan serta permasalahan lingkungan yang diakibatkan oleh penggunaan kendaraan pribadi
====================================================================================================================================
The city of Surabaya, with a high population density of 8,831 people/km and a population of 2,987,863 people, is faced with significant mobility challenges. The high number of private vehicles, reaching 3,675,180 units, especially motorbikes (2,935,311 units) and private cars (562,102 units), reflects the public's tendency to use private transportation. This research seeks to respond to this dynamic by increasing the use of public transportation. The main focus of the research is the evaluation and optimization of the location of stops, key infrastructure that acts as a bridge between users and the public transportation system. The centrality analysis method, through the use of Urban Network Analysis (UNA) software, is the basis for the study in evaluating the extent of current bus stop coverage in the research area. The research results show that several areas still lack access to adequate bus stops. These findings encourage the need for further development in public transport infrastructure. The conclusions from this research are the basis for strategic planning to add new bus stops that are effective and in line with community needs. The aim is to reduce dependence on private vehicles, improve mobility, and increase the sustainability of public transportation in the city of Surabaya. In line with the recommendations from the research results, there are several areas in the research area in the medium and high categories which indicate that improvements in public transportation infrastructure need to be made, this can create a positive impact on people's mobility behavior and contribute to reducing congestion and environmental problems caused by vehicle use. personal

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kota Surabaya, Transportasi Umum, Tempat Pemberhentian, Urban Network Analysis, Kepadatan Penduduk, Peningkatan Infrastruktur; Surabaya City, Public Transportation, Bus Stops, Urban Network Analysis, Population Density, Infrastructure Improvement
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Regional & Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Naufalga Yaqub Mahardika
Date Deposited: 12 Feb 2024 06:15
Last Modified: 12 Feb 2024 06:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/106959

Actions (login required)

View Item View Item