Perancangan Program Database Pengendalian Dokumen Sertifikat Kapal : Studi Kasus PT. X

Ramadlan, Maldini Fernanda (2024) Perancangan Program Database Pengendalian Dokumen Sertifikat Kapal : Studi Kasus PT. X. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04411840000033-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04411840000033-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 July 2026.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

PT. X merupakan perusahaan pelayaran milik negara. Perusahaan ini bergerak dalam bidang jasa transportasi laut yang mengoperasikan armada kapal penumpang, kapal ferry cepat, dan kapal barang. Perusahaan ini mempunyai manajemen pengendalian dokumen sertifikat yang dimiliki oleh setiap armada kapal milik perusahaan. Karena setiap kapal, baru bisa beroperasi ketika pengurusan dokumen sertifikat sudah dilengkapi serta masa kadaluwarsanya sudah diperpanjang. Apabila hal tersebut tidak dipenuhi maka kapal tidak akan bisa beroperasi dan perusahaan akan mengalami kerugian. Berdasarkan hal tersebut, dibuatlah suatu aplikasi dan sistem basis data untuk membantu menyelesaikan pengelolaan dokumen sertifikat kapal yang dimiliki perusahaan dan membantu proses pengajuan pembaruan sertifikat kapal. Pada sistem ini terdapat fitur untuk melakukan input data yang dimiliki setiap kapal sebagai syarat untuk pengajuan sertifikasi kapal. Kemudian terdapat pemberitahuan yang menunjukkan bahwa sertifikat telah masuk pada tanggal kadaluwarsa, sehingga harus diperbarui dengan melakukan sertifikasi ulang. Sehingga dengan adanya sistem ini akan berdampak pada aktifitas operasional kapal. Pada sistem prototipe aplikasi ini akan menghasilkan fitur laporan dokumen sertifikat kapal dalam bentuk status dokumen sertifikat setiap kapal dan tanggal kadaluwarsa setiap sertifikat. Dalam desain prototipe aplikasi ini juga akan dikembangkan alur pengajuan sertifikasi setiap kapal yang sudah memasuki tanggal kadaluwarsa, sehinga harus segera diperbarui status sertifikasinya. Pada penelitian kali ini juga membuat perancangan sistem basis data yang sudah terintegrasi dengan desain prototipe aplikasi, sehingga mampu menyimpan data yang dimasukkan kedalam sistem basis data yang telah dibuat. Selain itu juga dilakukan perhitungan pendapatan operasional kapal ketika terjadi keterlambatan dan tidak. Dari 4 contoh kapal yang dijadikan analisis perhitungan, rata kerugian dari pendapatan operasional kapal ketika terjadi keterlambatan sertifikat adalah sebesar 37.25 Miliar-Rp untuk tipe sertifikat seri dan 27.25 Miliar-Rp untuk tipe Paralel. Hal ini membuktikan bahwa keterlambatan pembaruan sertifikat mempengaruhi operasional kapal.
====================================================================================================================================
PT. X is a state-owned shipping company that operates in the maritime transportation services sector, managing a fleet of passenger ships, fast ferries, and cargo ships. The company maintains control over the certificate documents for each fleet of ships it owns. Each ship can only operate once its certificate document processing is complete and its expiry period has been extended. Failure to fulfill these requirements results in the inability of the ship to operate, leading to losses for the company. To address this issue, an application and database system has been developed to manage ship certificate documents and facilitate the submission process for certificate renewals.This system includes a feature for inputting data for each ship, a requirement for submitting ship certification. It also provides notifications when certificates are nearing expiration, prompting renewal procedures. The implementation of this system significantly impacts ship operational activities. The prototype system generates a ship certificate document report detailing the status and expiration dates of each certificate. Additionally, a certification application flow is developed for ships approaching expiry, ensuring prompt updates to their certification status. In this research, a database system integrated with the application prototype design is developed to store entered data. Furthermore, the system calculates the operational income of ships in cases of delays and non-delays. Analysis of four example ships reveals that delays in certificate renewal result in an average loss of 37.25 billion-Rp for the series certificate type and 27.25 billion-Rp for the parallel type. This demonstrates the significant impact of delays in certificate renewal on ship operations.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sertifikat Kapal, Prototipe Aplikasi, Basis Data, Operasional Kapal; Ship Certificatae, Application Prototype, Database, Ship Operation
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Sea Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Maldini Fernanda Ramadlan
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:03
Last Modified: 19 Feb 2024 03:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/107024

Actions (login required)

View Item View Item