Rancang Bangun Sistem Enterprise Resource Planning Modul Manufacturing Menggunakan Arsitektur Microservice

Fernaldi, Reyner (2024) Rancang Bangun Sistem Enterprise Resource Planning Modul Manufacturing Menggunakan Arsitektur Microservice. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5025201094-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5025201094-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) telah menjadi fondasi penting dalam mengintegrasikan dan mengelola berbagai proses bisnis. Sistem ERP terdiri dari banyak modul, salah satu modul yang berperan penting dalam sistem ERP adalah manufacturing. Manufacturing bertanggung jawab dalam merencanakan, mengintegrasikan, dan mengoptimalkan proses produksi. Penerapan pendekatan arsitektur monolitik dalam pengembangan ERP telah menemui beberapa tantangan, seperti keterbatasan skalabilitas dan daya tahan sistem. Sistem pengembangan yang lebih modern seperti microservice mulai banyak dikembangkan dan diimplementasikan dikarenakan keunggulannya dalam hal ketahanan dan skalabilitas. Arsitektur pengembangan ini sangat cocok diterapkan pada sistem ERP yang terus berubah mengikuti perubahan pasar dan teknologi. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem ERP pada modul manufacturing dengan menggunakan pendekatan arsitektur microservice. Pendekatan ini memecah sistem menjadi sejumlah layanan mandiri yang berfungsi sebagai entitas terpisah, mengizinkan pengembangan, pemeliharaan, dan skalabilitas yang lebih baik. Arsitektur microservice yang dibangun pada sistem ERP modul manufacturing terbukti mampu menjawab tantangan skalabilitas dan ketahanan sistem. Setiap modul pada sistem ERP berdiri secara masing-masing sehingga modul manufacturing tidak terpengaruh ketika terdapat modul lain yang mengalami kegagalan dan skalabilitas sistem ERP yang dibangun juga meningkat dengan kemudahan dalam menambahkan modul baru tanpa mempengaruhi modul yang sudah ada. Hasil evaluasi keseluruhan fungsionalitas modul manufacturing mendapatkan nilai rata-rata 4,2/5 dan kesesuaian modul manufacturing mendapatkan nilai 82,9%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Enterprise Resource Planning, Manufacturing, Microservice
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Reyner Fernaldi
Date Deposited: 12 Feb 2024 07:02
Last Modified: 12 Feb 2024 07:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/107028

Actions (login required)

View Item View Item