Perancangan Chatbot Berbasis Aturan untuk Mendukung Layanan Informasi Kesehatan pada Aplikasi Apadok

Baptista, Christopher (2024) Perancangan Chatbot Berbasis Aturan untuk Mendukung Layanan Informasi Kesehatan pada Aplikasi Apadok. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111940000001-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05111940000001-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah memberikan dampak yang signifikan dalam berbagai bidang, termasuk bidang kesehatan. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang kesehatan dapat membantu dalam menyediakan layanan informasi kesehatan yang mudah dan terjangkau. Salah satu teknologi yang dapat digunakan dalam hal ini adalah chatbot. Chatbot adalah sebuah sistem yang dapat berinteraksi dengan pengguna secara real-time melalui platform obrolan, seperti situs web. Chatbot pada aplikasi Apadok diperlukan untuk meningkatkan aksesibilitas informasi kesehatan bagi pengguna, serta memungkinkan otomatisasi dan efisiensi dalam menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan kesehatan. Chatbot yang mengacu pada sumber rules digunakan untuk mendukung layanan informasi kesehatan pada aplikasi Apadok. Chatbot ini dikembangkan menggunakan pendekatan rule-based dengan menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP), yang mampu memberikan jawaban sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh pengguna. Chatbot Apadok dapat mengurangi intervensi pertanyaan terkait penyakit diabetes, stroke, dan kardiovaskular serta otomatisasi dan efisiensi FAQ. Chatbot ini menyediakan informasi mengenai gejala, penyebab, pencegahan, dan pengobatan dari ketiga penyakit yang telah diteliti oleh tim Apadok. Hasil uji coba menunjukkan bahwa chatbot mampu memberikan layanan informasi kesehatan meliputi ketiga penyakit serta mempermudah pengguna dalam mencari informasi kesehatan yang mereka butuhkan. Pengujian UAT yang telah dilakukan menghasilkan persentase sebesar 85,47%.
=============================================================================================================================
Today advances in information and communication technology have had a significant impact on various fields, including the health sector. The use of information and communication technology in the health sector can assist in providing easy and affordable health information services. One of the technologies that can be used in this case is a chatbot. A chatbot is a system that can interact with users in real-time through a chat platform, such as a website. The chatbot on the Apadok application is necessary to improve the accessibility of health information for users, as well as to enable automation and efficiency in responding to health-related questions. Chatbot that refers to the rules source is used to support health information services in the Apadok application. This chatbot was developed using a rule-based approach using Natural Language Processing (NLP) technology, which is able to provide answers according to questions asked by users. Apadok chatbot can reduce the intervention of questions related to diabetes, stroke and cardiovascular disease as well as automation and efficiency of FAQs. This chatbot provides information about symptoms, causes, prevention and treatment of the three diseases that have been researched by the Apadok team. The test results show that the chatbot is able to provide health information services covering the three diseases and makes it easier for users to find the health information they need. The UAT testing that has been carried out produces a percentage of 85.47%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Layanan Informasi Kesehatan, Chatbot, Natural Language Processing (NLP), Rule-Based, Aplikasi Apadok, Health Information Service, Apadok Application
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Christopher Baptista
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:49
Last Modified: 15 Feb 2024 02:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/107072

Actions (login required)

View Item View Item