Therapeutic Recreation Sebagai Upaya Penyembuhan Permasalahan Urban Stress

Hani, I Gusti Ayu Seskiara Viveka and Noerwasito, Vincentius Totok (2024) Therapeutic Recreation Sebagai Upaya Penyembuhan Permasalahan Urban Stress. JURNAL SAINS DAN SENI ITS. (Unpublished)

[thumbnail of 08111840000074-Article_Journal.pdf] Text
08111840000074-Article_Journal.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perancangan ini didasari oleh fenomena urban stress yang terjadi di Surabaya serta minimnya fasilitas terbuka hijau, hal ini disebabkan karena Surabaya merupakan kota besar dengan kepadatan yang tinggi selain Jakarta. Meski fenomena ini tidak dapat menyebabkan kematian secara langsung, namun masalah ini dapat berujung kepada menurunnya tingkat kesejahteraan hidup masyarakat. Karena itu pentingnya melakukan tindakan preventing, intervention, and sustaining pada masalah urban stress ini, agar kedepannya tingkat kesejahteraan hidup di Surabaya akan semakin meningkat. Pada laporan ini healing with nature digunakan sebagai pendekatan desain berperan sebagai sarana terapi bagi masyarakat setempat yang lebih tepatnya di kecamatan Mulyorejo, menggunakan Therapeutic Recreation sebagai metode dalam mendesain. Sehingga rancangan diharapkan dapat menjadi alternatif terapi bagi masyarakat Mulyorejo.
Dalam pengaplikasiannya, fasilitas rancangan mengadopsi model six dimensions of welness sebagai metode penyembuhan. Six Dimensions of Welness digunakan sebagai respon dari Therapeutic Recreation yang ingin dihadirkan pada fasilitas rancangan lewat pemograman aktivitas dan sirkulasi ruang rancangan. Pada perancangan ini, arsitektur berfokus pada aspek kesehatan dan kesenangan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Healing Spaces, Six Dimensions of Wellness
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture
Depositing User: I Gusti Ayu Seskiara Viveka Hani
Date Deposited: 16 Feb 2024 03:57
Last Modified: 16 Feb 2024 03:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/107140

Actions (login required)

View Item View Item