Analisa Elemen Hingga Kapasitas Gaya Lateral untuk Dinding Geser Pelat Baja Berpengaku Strip dengan Konfigurasi Berbeda Akibat Beban Siklik Menggunakan Abaqus

Listiana, Henri (2023) Analisa Elemen Hingga Kapasitas Gaya Lateral untuk Dinding Geser Pelat Baja Berpengaku Strip dengan Konfigurasi Berbeda Akibat Beban Siklik Menggunakan Abaqus. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6012211045-Master_Thesis.pdf] Text
6012211045-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Sebuah sistem penahan gaya lateral yang terdiri dari dinding geser pelat baja berpengaku diusulkan sebagai alternatif yang menjanjikan untuk meningkatkan daktilitas, kapasitas disipasi energi, fleksibilitas dari segi arsitektural, dan efisiensi ekonomi. Untuk menyelidiki kinerja struktur dalam menahan gaya lateral dan perilaku kerusakannya, maka dalam tesis ini dilakukan penelitian dengan lima spesimen dinding geser pelat baja berpengaku dengan parameter konfigurasi geometri yang berbeda.
Lima spesimen dinding geser pelat baja dengan konfigurasi pengaku yang berbeda dianalisis menggunakan metode elemen hingga dengan program bantu ABAQUS untuk mendapatkan nilai perpindahan dan gaya maksimum yang dapat diterima oleh spesimen. Setelah mendapatkan nilai tersebut maka dibuatlah kurva histerisis agar dapat dibandingkan dengan satu sama lain. Selain didapatkan kurva histeris dari setiap spesimen, didapatkan juga nilai daktilitas dan disipasi energi dari setiap spesimen. Hasil numerik menunjukkan bahwa dari dinding geser pelat baja berpengaku berbentuk bintang atau SPSW 4 merupakan spesimen yang memiliki kapasitas gaya lateral terbesar meskipun memiliki perbedaan mutu material dan nilai pembebanan dibuktikan dengan hasil validasi penilitian Labibzadeh dan Khayat (2023) dengan spesimen SSPSW-5 yang memiliki kapasitas gaya lateral yang besar juga. Semakin banyak pengaku pada konfigurasi SPSW, maka semakin baik pula performa SPSW mampu meredam gaya sehingga mampu memiliki kapasitas gaya lateral yang lebih besar dibandingkan konfigurasi lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Dinding Geser Pelat Baja Berpengaku, Metode Elemen Hingga, Kurva Histerisis, Pushover, Daktilitas, Disipasi Energi, Kapasitas Gaya Lateral Stiffened Steel Plate Shear Walls, Finite Element Method, Hysteresis Curve, Pushover, Ductility, Energy Dissipation, Load Resistance Capacity.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
T Technology > TH Building construction > TH2247 Shear walls--Materials
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Henri Listiana
Date Deposited: 13 Feb 2024 02:35
Last Modified: 13 Feb 2024 02:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/107146

Actions (login required)

View Item View Item