Tanjung Gusta Correctional Facility and Public Space: Ruang Publik Sebagai Pengubah Stigma Negatif Masyarakat Terhadap Narapidana

Harahap, M Ridho Akbar (2024) Tanjung Gusta Correctional Facility and Public Space: Ruang Publik Sebagai Pengubah Stigma Negatif Masyarakat Terhadap Narapidana. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111940000018-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08111940000018-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Setelah peristiwa kebakaran Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta pada tahun 2013 silam, Lembaga pemasyarakatan yang menjadi penampung narapidana terakhir dalam Sistem Peradilan Pidana, dirasa gagal dalam memenuhi kebutuhan dan kapasitas sebagai wadah pemberdayaan setiap user didalamnya serta konsekuensi atas efek jera narapidana. Stigma negatif mantan narapidana diawali spekulatif masyarakat yang membuat orang orang berstatus mantan narapidana sulit berbaur dan berkehidupan bermasyarakt. Permasalahan yang muncul adalah sedikit dari masyarakat yang peduli dengan kehadiran mantan narapidana, atau mengakui keberadaan mereka dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga dibutuhkannya wadah yang dapat menyatukan keduanya. Dalam objek rancangan berupa Lapas dengan fasilitas asimilasi public space, yang mencerminkan sikap bermasyarakat dalam memberikan motivasi lebih dari narapidana sebagai karakter bermoral baik. Ruang asimilasi terbuka yang menghubungkan narapidana-masyarakat juga menjadi bagian dalam mempercepat laju pembinaan dan pengembangan mereka melalui edukasi dan kegiatan bersama. Melalui pendekatan arsitektur sosial sebagai trigger dalam setiap kegiatan melalui aspek formal- spasial didalamnya. Penerapan perancangan ini menggunakan teori Resilience sebagai dasar pembentukkan karakter individu yang sistematis.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Lapas, Masyarakat, Narapidana, Perilaku, Resiliensi.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2750 Architectural design.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: M. Ridho Akbar Harahap
Date Deposited: 16 Feb 2024 04:30
Last Modified: 16 Feb 2024 04:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/107178

Actions (login required)

View Item View Item