Evaluasi Seismik Struktur Bangunan Gedung Graha 10 Nopember Menggunakan Peta Deagregasi Bahaya Gempa Indonesia 2022

Aini, Khusniatul (2024) Evaluasi Seismik Struktur Bangunan Gedung Graha 10 Nopember Menggunakan Peta Deagregasi Bahaya Gempa Indonesia 2022. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6012211037-Master_Thesis.pdf] Text
6012211037-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Kejadian gempa dengan skala besar di Indonesia masih menjadi salah satu fenomena yang sering terjadi, hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan bangunan, sehingga perlu dilakukan penerapan standarisasi bangunan tahan gempa pada saat konstruksi. Kampus ITS Surabaya merupakan salah satu kampus tertua di Indonesia, yang mana pada saat proses pembangunan tentunya menggunakan standarisasi peraturan pembangunan yang berlaku pada saat itu. Sedangkan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) membuat keilmuan konstruksi semakin berkembang. Standar perencanaan dan evaluasi infrastruktur tahan gempa di Indonesia yang terbaru diatur dalam Peta Deagregasi Bahaya Gempa Indonesia (PuSGeN, 2022). Sehingga dengan adanya perbedaan standar tersebut diperlukan adanya pengkajian ulang guna untuk memastikan apakah gedung-gedung tersebut masih laik fungsi atau tidak dengan mengacu pada peraturan pembebanan terbaru.
Pada penelitian ini dilakukan pengkajian ulang terhadap bangunan gedung lama ITS Surabaya dalam hal ini menggunakan gedung Graha ITS dengan menggunakan metode evaluasi, pengumpulan data gedung eksisting, analisa struktur menggunakan program bantu SAP2000 versi 22, uji validasi dan rekomendasi perkuatan. Adapun pembebanan gempa menggunakan analisis nonlinear time history guna untuk mendapatkan perilaku gedung pada kondisi pasca elastic akibat beban gempa dengan menggunakan data percepatan tanah akselerogram.
Hasil dari penelitian ini menggunakan parameter displacement dan sendi plastis dalam menentukan level kinerja struktur. Dari hasil displacement dan sendi plastis pada struktur yang dianalisis nonlinear time history diketahui bahwa gedung Graha ITS Surabaya menunjukkan pada level immediate occupancy yakni struktur bangunan aman, resiko korban jiwa dari kegagalan struktur tidak terlalu berarti, gedung tidak mengalami kerusakan berarti, dan dapat segera difungsikan/beroperasi kembali. Dalam terjadinya mekanisme sendi plastis beberapa elemen juga menunjukkan level kinerja collapse, sehingga perlu dilakukan perkuatan terhadap beberapa elemen tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: nonlinear time history analysis, SAP2000, akselerogram, rekomendasi perkuatan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA169.5 Failure analysis
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Khusniatul Aini
Date Deposited: 15 Feb 2024 06:54
Last Modified: 15 Feb 2024 06:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/107182

Actions (login required)

View Item View Item